Proyek Kedung Keris Baru 20%, ExxonMobil: Target Produksi Akhir 2019

Image title
29 April 2019, 20:22
produksi lapangan kedung keris, exxonmobil, blok cepu, produk minyak nasional
Katadata
Blok Cepu yang dioperasikan ExxonMobil

 ExxonMobil Cepu Ltd menyampaikan perkembangan terkini terkait kemajuan proyek Lapangan Kedung Keris, Jawa Timur. Salah satunya yakni proyek pemasangan pipa di lapangan minyak tersebut.

"Kemajuan pekerjaan proyek lapangan minyak Kedung Keris saat ini mencapai 20%," ujar Vice President Public and Government Affair ExxonMobil Indonesia Erwin Maryoto kepada Katadata.co.id beberapa waktu lalu.

Sayangnya Erwin belum mau menjelaskan secara detail terkait perkembangan Lapangan Kedung Keris. Namun, ExxonMobil memastikan Lapangan Kedung Keris beroperasi pada akhir 2019.

(Baca: ExxonMobil dan BP Berau Penyumbang Lifting Migas Terbesar Kuartal I)

Produksi dari Kedung Keris diperkirakan akan menambah produksi Blok Cepu sebesar 10 ribu barel per hari (bopd). Untuk memproduksi lapangan itu, Exxon telah menandatangani kontrak rekayasa, pengadaan, dan konstruksi dengan PT Meindo Elang Indah pada April 2018.

ExxonMobil juga membangun pipa untuk menyalurkan hasil produksi minyak dari Kedung Keris ke fasilitas produksi utama (Central Processing Facility/CPF) Blok Cepu. Sebelumnya perusahaan migas asal Amerika Serikat itu telah melakukan pengeboran sumur Kedung Keris-1 hingga kedalaman 2.143 meter. Sumur ini bersinggungan dengan lapisan minyak setebal 561 kaki atau 171 meter di zona karbonat sasaran.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...