XL Axiata Tunggu Aturan Spektrum Frekuensi Sebelum Lakukan Konsolidasi

Image title
29 April 2019, 15:42
xl axiata, konsolidasi industri telekomunikasi, aturan spektrum frekuensi
ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Seorang pelanggan menuju gerai pelayanan di XL Center, Bandung, Jawa Barat, Senin (18/2/2019). PT XL Axiata Tbk mencatat sejak tahun 2017 hingga 2018 terdapat peningkatan pelanggan dari 53,5 juta menjadi 54,9 juta di mana 82 persen merupakan pelanggan data yang turut berpengaruh pada peningkatan pendapatan layanan data yg mencapai 80 persen pada 2018.

PT XL Axiata Tbk. (EXCL) masih menanti peraturan pemerintah tentang penggunaan spektrum frekuensi terkait konsolidasi industri telekomunikasi. Hal itu penting untuk memperhitungkan untung-rugi secara bisnis dari langkah operator melaksanakan konsolidasi.

Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, hal yang perlu diperjelas mengenai aturan spektrum frekuensi yaitu apakah bisa spekturm dipertahankan atau harus dikembalikan kepada pemerintah pasca konsolidasi. Pengembaliannya pun harus jelas, apakah sebagian atau sepenuhnya.

Dian menilai kepastian tersebut harus ada agar pemegang saham bisa memperhitungkan keuntungan bisnis dari konsolidasi tersebut. "Kalau bicara soal aset operator, aset yang paling penting dari satu operator adalah frekuensi," kata Dian ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (29/4).

Dian menyambut baik langkah pemerintah dalam mendorong konsolidasi di industri telekomunikasi. Menurut dia, hal itu bisa menyehatkan industri karena saat ini pelakunya sangat banyak sehingga membuat bisnis telekomunikasi kurang menguntungkan.

(Baca: Siap Konsolidasi, XL Axiata Persoalkan Aturan Frekuensi)

Meski masih menunggu pemerintah mematangkan regulasi terkait penggunaan spektrum frekuensi, Dian enggan menjabarkan terkait langkah XL Axiata dalam melakukan konsolidasi. Bahkan, Dian menampik isu yang beredar soal konsolidasi dengan PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN). "Banyak banget gosipnya," katanya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...