Indonesia Mampu Tetap Tumbuh di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global

Rizky Alika
30 April 2019, 16:23
pertumbuhan ekonomi, ekonomi global, Menko Perekonomian, Darmin Nasution
Katadata
Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution meyakinkan ketidakpastian laju ekonomi global saat ini tidak akan membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia menurun. Ekonomi Indonesia ia sebut tetap meningkat dengan pertumbuhan tahun 2018 tercatat sebesar 5,17% secara tahunan, lebih baik bila dibandingkan tahun 2017 yang tercatat 5,07%.

“Dalam situasi ketidakpastian global, pertumbuhan ekonomi yang tercatat sebesar 5,17% relatif cukup baik. Karena, angka ini hampir tidak terjadi di negara lain, di tengah ketidakpastian ekonomi global,” ujar Darmin dalam acara HSBC Economic Update seperti dalam siaran pers yang dikutip Selasa (30/4).

Menurunya, pemerintah telah menyusun kebijakan yang membuat ekonomi Indonesia tetap solid di tengah  gejolak ekonomi global. Salah satu kebijakan tersebut ialah peningkatan daya saing dan perbaikan iklim usaha melalui Online Single Submission (OSS).

Kemudian, pemerintah memberikan fasilitas insentif perpajakan guna meningkatkan daya saing. Dalam jangka pendek, pemerintah juga akan melakukan perbaikan prosedur untuk mengurangi biaya ekspor dan memilih komoditas sektor-sektor unggulan.

(Baca: Menko Darmin Beberkan Strategi Pemerintah Gairahkan Ekspor)

Di sisi lain, pemerintah juga memberikan insentif perpajakan berupa libur pajak (tax holiday) untuk 200 kegiatan industri. “Untuk pertama kali, kami merumuskan aturan mengenai tax holiday sebesar sekarang," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...