SKK Migas Ingin Kebut Produksi Blok Sakakemang

Image title
30 April 2019, 19:44
SKK Migas
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi lapangan migas milik SKK Migas. Pekerja beraktifitas di Lapangan Senipah, Peciko dan South Mahakam (SPS), Kutai Kartanegara, Rabu (27/12/2017).

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyebut Repsol dapat mempercepat produksi gas di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan, dalam waktu 3 tahun. Wakil Kepala SKK Migas Sukandar mengatakan percepatan produksi bisa dilakukan karena disekeliling Blok Sakakemang sudah dibangun fasilitas infrastruktur.

"Kita terus terang beruntung karena di South Sumatera sudah ada gas pipeline, ada yang 30 inci, 32 inci, dan seterusnya. Sehingga cukup dekat untuk dialirkan," ujar Sukandar saat ditemui di Kantor SKK Migas, Jakarta, Selasa (30/4).

Menurut Sukandar, jarak sumur produksi dengan sumur discovery hanya berjarak 25 Kilometer. Sehingga bukan pekerjaan yang sangat sulit untuk mempercepat produksi dalam waktu 3 tahun.

"Pemisahan C02-nya tidak terlalu sulit, makanya butuh sekitar 3 tahun. Untuk ilustrasi pabrik, bangunnya itu 30 bulan, mulai sampai dengan produksi, jadi 3 tahun adalah waktu yang wajar," ujar Sukandar.

(Baca: Repsol Kemungkinan Ajukan Rencana Pengembangan Blok Sakakemang di 2020)

Untuk memproduksi Blok Sakakemang, SKK Migas harus terlebih dulu mencari pembeli gasnya. Sukandar mengatakan potensi pembeli gas Sakakemang bisa dari pabrik pupuk dan Kilang Dumai.

"Namun kami lihat masih ada potensi, termasuk konsumen industri di Jawa Barat, karena sudah ada pipa dari Selat Sumatra oleh PGN," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar melakukan pertemuan dengan Repsol di Madrid, Spanyol. Kedua pihak membahas percepatan produksi gas di Blok Sakakemang.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...