Investasi di Sektor Fintech Tumbuh 93% Tahun Lalu

Desy Setyowati
2 Mei 2019, 23:00
Investasi di Fintech
Katadata/Desy Setyowati
Ketua Umum Aftech Niki Santo Luhur mengatakan pertumbuhan industri fintech di Indonesia tergolong cepat di Asia Tenggara.

Financial technology (fintech) menjadi salah satu industri digital yang mendapat banyak investasi tahun lalu. Asosiasi Fintech (Aftech) mencatat, investasi di fintech ini tumbuh 93% secara tahunan (year on year/yoy) pada 2018.

Menurut Ketua Umum Aftech Niki Santo Luhur, pertumbuhan industri fintech di Indonesia tergolong cepat di Asia Tenggara. Maka dari itu, ia tak heran jika investor berminat masuk ke sektor fintech di Indonesia.

Berdasarkan Aftech Annual Member Survey Report, mayoritas investasi yang masuk di industri ini lebih dari US$ 10 miliar atau tergolong pendanaan seri A. “Ini karena adopsi layanan fintech pembayaran dan pinjaman cukup cepat di Indonesia,” ujar dia di Union Space, Jakarta, Kamis (2/5).

(Baca: Investasi Startup Tembus US$ 5,5 Miliar, Unicorn Kantongi Porsi Besar)

Transaksi di industri fintech pembayaran misalnya, tumbuh 70% selama Maret hingga Desember 2018. Nilai transaksinya mencapai Rp 47 triliun sepanjang tahun. Volume transaksi fintech pembayaran juga tumbuh 48% atau mencapai 2,9 juta kali pada 2018.

Pembiayaan yang disalurkan fintech pinjaman juga tumbuh 567% sepanjang Februari-Desember 2018. Total pinjaman yang disalurkan pun mencapai Rp 22,6 triliun, yang diberikan kepada 4,35 juta peminjam sejak Desember 2016 hingga Desember 2018.

(Baca: Penyaluran Pinjaman Fintech Meroket 600%, Kredit Macet Ikut Terbang)

Dari sisi konsumen, mayoritas pengguna layanan fintech baik pembayaran maupun pinjaman berpenghasilan Rp 5 juta hingga Rp 15 juta per bulan. Mayoritas pengguna layanan fintech ini berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Surabaya, DI Yogyakarta, dan Bali.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...