Pertamina Resmikan Fasilitas Floating Storage di Kepulauan Aru

Image title
2 Mei 2019, 11:45
Pertamina
Arief Kamaludin|Katadata
Gedung Pertamina, di Kawasan Gambir, Jakarta, Senin, (16/03)

PT Pertamina (Pertamina) Marketing Operation Region VIII meresmikan fasilitas floating storage MT. Berkat Anugerah 01 transportir bunker PT. Pelayaran Sumber Rejeki Bahari Permai Wilayah Kepulauan Aru, di Kota Dobo. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan pelayanan dan distribusi BBM NPSO (BBM Non Subsidi) /BBM Industri di wilayah Maluku.

Peresmian dilakukan oleh Industrial Fuel Marketing Regional Manager VIII Pertamina M. Iqbal Dian Kurniawan bersama dengan Sekretaris Daerah Kepulauan Aru, Muhammad Jumpah yang bertindak mewakili Bupati, dan dihadiri oleh Kepala Syahbandar, serta para pelaku usaha industri perikanan dan nelayan di wilayah Dobo, Kepulauan Aru, pada Senin lalu.

Advertisement

M. Iqbal mengatakan, sebagai wilayah yang menyimpan potensi perikanan besar, Dobo diproyeksikan sebagai salah satu sentra perikanan di Provinsi Maluku. Karena itu, keberadaan fasilitas transportir bunker MT. Berkat Anugerah 01 berkapasitas 900 kilo liter (KL) ini diharapkan akan membawa dampak yang positif.

"Selain itu, hal ini merupakan bentuk dukungan Pertamina terhadap perkembangan sektor perikanan di wilayah Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku dan sekitarnya," ujar M. Iqbal seperti dikutip dari laman web resmi www.pertamina.com Kamis, (2/5).

Lebih lanjut Iqbal memperkirakan kebutuhan BBM Kapal Nelayan di wilayah tersebut mencapai 1000 - 2000 KL per bulan dengan total 500 kapal yang beroperasi di wilayah perairan Kepulauan Aru dan Laut Arafura.

Ia menjelaskan, selama ini kapal-kapal konsumen telah mendapatkan BBM dari Pertamina, sehingga dengan adanya fasilitas floating storage, transportir bunker akan semakin dimudahkan. Pasalnya, karena kapal ini akan mendekat ke lokasi kapal-kapal ikan berada. Selain itu, BBM yang dijual juga merupakan BBM industri yang dapat dibeli oleh konsumen tanpa persyaratan khusus.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Aru, Muhammad Jumpah menyampaikan dukungan secara penuh terhadap beroperasinya kapal tanker penyuplai BBM tersebut dan berharap untuk terus berkoordinasi untuk mendukung kelancaran pelayanan bagi para nelayan.

"Kami juga berharap agar kehadiran kapal tanker ini dapat mengurangi atau bahkan mengatasi antrian pembelian BBM jenis solar bersubsidi di APMS maupun SPBU di Kota Dobo dan Kepulauan Aru," ujar Muhammad Jumpah.

Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement