Berkat Infrastruktur, Paxel Bisa Kirim Barang Antarkota dalam Sehari

Desy Setyowati
3 Mei 2019, 17:15
Co-Founder sekaligus President Bukalapak Fajrin Rasyid dan Co-Founder Paxel Zaldy Ilham Masita
Paxel
Co-Founder sekaligus President Bukalapak Fajrin Rasyid dan Co-Founder Paxel Zaldy Ilham Masita

Layanan pengiriman barang dalam sehari (sameday delivery) sudah tersedia di Indonesia. Namun, layanan itu terbatas di kota yang sama saja. Kini, Paxel menyediakan layanan pengiriman barang antar kota atau provinsi dalam sehari.

Co-Founder Paxel Zaldy Ilham Masita menyampaikan, infrastruktur menjadi salah satu faktor penunjang terwujudnya pengiriman barang antar-kota atau provinsi dalam sehari. "Pembangunan infrastruktur dalam empat tahun terakhir banyak membantu kami," kata Zaldy di Go-Work fX Sudirman, Jakarta, Jumat (3/5).

Startup logistik ini juga menggunakan big data guna menentukan lokasi hub penyimpanan. Titik penyimpanan Paxel ini berupa loker pintar, yang kini mencapai 100 di DKI Jakarta. Dengan skema pengiriman estafet ini memungkinkan Paxel mengirim barang antar-kota dalam sehari.

Dengan algoritma, Paxel menganalisis moda transportasi yang paling cepat untuk mengirim barang. Moda transportasi yang dipilih itu disesuaikan dengan asal dan tujuan pengiriman. "Kami pakai semua moda transportasi, kecuali kapal laut," kata dia.

Mekanisme pengirimannya, pengguna bisa memesan layanan pengiriman Paxel lewat aplikasi. Lalu, petugas akan mengambil barang yang akan dikirim. Sistem akan menentukan loker yang menjadi hub dan mode transportasinya. Setelahnya, petugas bisa menempatkan barang di loker yang ditentukan.

(Baca: Layanan Go-Jek dan Grab Mengubah Pola Logistik Era Digital)

Petugas lain akan mengambil barang di loker tersebut dan melanjutkan pengiriman. Untuk mengambil barang yang tepat, petugas akan memindai kode pesanan di loker pinter. Secara otomatis, pintu loker di mana barang itu disimpan akan terbuka. Proses pengiriman dilakukan secara estafet.

Hanya saja, pengiriman barang dalam sehari ini bisa terwujud jika dilakukan sebelum pukul 14.00 waktu setempat. Di dalam kota, Paxel menjamin pengiriman maksimal delapan jam. Untuk antar kota dan provinsi, waktu pengiriman dijamin maksimal 15 jam. "Terlambat semenit pun refund otomatis," katanya.

(Baca: Didukung Unilever, Startup Logistik Asal Malaysia Siap Masuk Indonesia)

Paxel sendiri sudah hadir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Semarang, Solo, DI Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar. Tahun ini, Paxel menargetkan bisa menjangkau Medan dan Makassar.

Ia optimistis, layanan pengiriman barang antar kota dan provinsi dalam sehari ini memungkinkan untuk tersedia di seluruh Indonesia. Asalkan, pembangunan infrastruktur jalan terus dilakukan. "Kalau pemerintah gencar membangun infrastruktur, sameday delivery bisa semakin cepat tersedia di pulau lain," kata dia.

Kendati menggunakan teknologi, Paxel tetap merekrut pekerja. Saat ini Paxel memiliki 1.400 pegawai. Zaldy menyampaikan, jumlah pekerja bakal ditambah seiring dengan meningkatnya permintaan. Hanya, dia enggan menyebutkan target pegawai yang bakal direkrut.

(Baca: Tumbuh Pesat, Startup Logistik Waresix Optimistis Hasilkan Laba)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...