Gaet 100 Ribu Penjual, Blibli Berencana  Ekspor Produk Lokal

Cindy Mutia Annur
3 Mei 2019, 02:05
E-commerce, Blibli.com, Ekspor Produk Lokal
Blibli.com
Chief Executive Officer Blibli.com Kusumo Martanto

Perusahaan e-commerce PT Global Digital Niaga atau Blibli.com sudah menggaet 100 ribu mitra penjual per Kuartal I-2019. Blibli.com pun berencana mengekspor produk lokal ke beberapa negara di Asia.

Chief Executive Officer Blibli.com Kusumo Martanto mencatat, total pemesanan produk meningkat 2,5 kali dibanding Kuartal I-2018. Menurutnya, kenaikan itu ditopang oleh perluasan jumlah produk hingga tiga kali lipat selama periode tersebut.

Advertisement

Selain itu, jumlah mitra meningkat dua kali dibanding Kuartal I-2018. “Buat kami, kuncinya adalah produsen lokal bisa memasarkan produknya ke seluruh Indonesia. Ke depannya, mereka akan kami fasilitasi untuk ekspor,” ujarnya di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Kamis (2/5).

(Baca: Blibli Gunakan Whatsapp for Business Untuk Notifikasi Pelanggan)

Untuk bisa melakukan ekspor, Blibli.com pun fokus pada kualitas produk. Untuk itu, Blibli.com menyeleksi produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bakal diperdagangkan di platformnya.

Meski demikian, jumlah produk UMKM di platformnya tumbuh enam kali dibanding Kuartal I-2018. Hal ini sejalan dengan peningkatan jumlah mitra UMKM hingga dua kali lipat pada awal tahun ini.

(Baca: Gaet Ibu Rumah Tangga, Blibli Luncurkan Komunitas Sahabat Ibu Pintar)

Hanya saja, Kusumo belum mau menjelaskan negara mana yang akan dituju. Dia juga enggan menyampaikan kapan rencana eskpor itu direalisasikan. Namun, Blibli.com memberi pelatihan kepada mitra UMKM di 110 kota di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement