Apple Akuisisi Sekitar 25 Perusahaan dalam Enam Bulan

Desy Setyowati
7 Mei 2019, 14:58
Apple Akuisisi Perusahaan, Tim Cook, layanan baru Apple
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi iPhone. Selama enam bulan terakhir, Apple Inc telah membeli sekitar 25 perusahaan untuk mencari talenta dan kekayaan intelektual yang baru.

Perusahaan teknologi Apple Inc sedang gencar mengakuisisi perusahaan, di tengah perlambatan penjualan ponsel pintar (smartphone). Selama enam bulan terakhir, produsen iPhone ini telah membeli sekitar 25 perusahaan.

CEO Apple Tim Cook menyampaikan, perusahaannya mengakuisisi korporasi lain rata-rata dua hingga tiga minggu sekali. “Kami tidak sering mengumumkan kesepakatannya karena perusahaannya kecil,” kata dia dikutip dari CNBC Internasional, kemarin (6/5).

(Baca: Setelah Kalahkan Apple, Huawei Berpeluang Menyalip Samsung)

Cook menjelaskan, akuisisi dilakukan karena perusahaan fokus mencari talenta dan kekayaan intelektual baru yang sesuai dengan bisnis Apple. Strategi bisnis ini ia sampaikan dalam wawancara khusus dengan jurnalis CNBC Internasional, Becky Quick.

Langkah Apple mengakuisisi banyak perusahaan dibarengi dengan kondisi keuangannya yang sehat. Dalam laporan keuangannya, Apple memiliki kas US$ 225,4 miliar atau sekitar Rp 3.155,6 triliun pada Kuartal II tahun fiskal 2019.

Apple berjanji akan berkontribusi US$ 350 miliar terhadap perekonomian Amerika Serikat (AS) selama lima tahun ke depan. Untuk bisa berkontribusi, Apple gencar melakukan ekspansi dan membayar pajak atas uang tunai yang direpatriasi.

(Baca: Apple Luncurkan Aneka Layanan Baru: Kartu Kredit, Gim, TV, dan Berita)

Lewat akuisisi, Apple meluncurkan produk dan layanan baru. Contohnya, ketika Apple mengakuisisi penyedia layanan majalah digital secara langganan, bernama Texture pada 2018. Apple meluncurkan Apple News+ beberapa waktu lalu, karena pasarnya terbuka ketika mengakuisisi Texture.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...