Jaga Likuiditas Bank Selama Ramadan, BI Perkuat Operasi Moneter

Rizky Alika
7 Mei 2019, 09:57
BI perkuat startegi operasi moneter saat Ramadan untuk jaga likuiditas bank
Arief Kamaludin|KATADATA
Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) melakukan penguatan operasi moneter pada Ramadan tahun ini. Penguatan untuk memastikan ketersediaan likuiditas bank, khususnya likuiditas jangka pendek.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter BI Nanang Hendarsah menjelaskan, BI menerapkan strategi operasi moneter dua sisi atau two way monetary operation. "Tidak hanya melakukan kontraksi, tapi juga ekspansi," kata dia dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (5/7).

(Baca: Yield Obligasi Negara Berpotensi Turun, Rebutan Dana Masyarakat Mereda)

Strategi tersebut mencakup distribusi likuiditas, peningkatan frekuensi lelang dan penambahan tenor untuk instrumen operasi pasar terbuka (OPT). BI melaksanakan lelang OPT ekspansi dan kontraksi dengan tenor satu minggu sampai satu bulan, setiap hari.

Kemudian, BI menambah tenor instrumen OPT ekspansi yaitu pada instrumen term repo menjadi satu minggu sampai tiga bulan, dari sebelumnya satu minggu sampai satu bulan.

BI juga melaksanakan OPT yang lebih terjadwal melalui pengumuman dan pengaturan jadwal lelang operasi pasar terbuka. Hal ini guna memberikan kepastian bagi bank terkait ketersediaan likuiditas dari operasi pasar terbuka ekspansi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...