Prabowo Menang di Riyadh, Namun Luar Negeri Masih Didominasi Jokowi

Dimas Jarot Bayu
7 Mei 2019, 20:08
Pilpres 2019, Jokowi-Ma'ruf, Prabowo-Sandiaga
Prabowo Subianto selaku capres nomor urut 2 memberikan paparan mengenai hasil quick count di rumah BPN, Kartanegara, Jakarta (17/4).

Pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Prabowo-Sandiaga) berhasil menambah satu wilayah kemenangan pada Pilpres 2019 wilayah luar negeri.

Berdasarkan rekapitulasi suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Prabowo-Sandiaga memenangkan Pilpres 2019 di ibu kota Arab Saudi, Riyadh. Rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan KPU Selasa (7/5) mencatat Prabowo-Sandiaga meraih 5.133 dari 8.709 suara sah.

Sedangkan, paslon nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) hanya mendapatkan 3.576 dari 8.709 suara di Riyadh. Sementara, ada 152 suara yang tidak sah di sana.

Selain di Riyadh, Prabowo-Sandiaga tercatat memenangkan Pemilu 2019 di lima kota lainnya di Timur Tengah. Kelima kota tersebut, yakni Karachi, Pakistan; Jeddah, Arab Saudi; Kairo, Mesir; Doha, Qatar dan Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Meski demikian, Jokowi-Ma'ruf masih mendominasi kemenangan di luar negeri. Dari 54 wilayah luar negeri yang telah direkapitulasi penghitungan suaranya oleh KPU, Jokowi-Ma'ruf unggul di 47 wilayah.

(Baca juga: Hasil Rekapitulasi Sementara, Jokowi-Ma'ruf Unggul di 25 Negara)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...