BPJT Siapkan Strategi untuk Memecah Kemacetan di Jalan Tol Saat Mudik

Image title
8 Mei 2019, 02:00
ramadan, jalur mudik lebaran 2019, jadwal dan sistem tol one way, bpjt
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Antrean kendaraan di gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. BPJT telah menyiapkan strategi untuk mengurai kemacetan saat mudik lebaran 2019.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah menyiapkan beberapa strategi untuk mengurangi kemacetan jalan tol pada saat mudik Lebaran 2019. Salah satunya penerapan sistem satu arah atau one way.

Sistem tersebut akan diterapkan pada arus mudik, mulai dari KM 29 Tol Cikampek hingga KM 262 Bresbes Barat. Sedangkan arus baliknya akan berlaku mulai KM 189 hingga KM 29 atau 25 Tol Palimanan. 

Kepala Sub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II BPJT Joko Santoso menjelaskan rencananya skema tersebut akan dilaksanakan mulai 31 Mei-2 Juni pada arus mudik, dan 7-10 Juni pada arus balik.

Menurut dia, berdasarkan evaluasi mudik pada tahun lalu, sistem satu arah berhasil mengurangi kemacetan pada saat arus balik. "Waktu itu pada saat arus balik sangat membantu meningkatkan kapasitas jalan tol sehingga pengguna jalan dari arah Jawa ke Jakarta lebih cepat," ujarnya, di Jakarta, Selasa (7/5).

(Baca: Tol Cisumdawu Bisa Mulai Dijajal Saat Mudik Lebaran 2019)

BPJT juga akan menyediakan lima helikopter untuk mengevakuasi kecelakaan sehingga tidak menimbulkan kemacetan yang panjang. Helikopter yang akan digunakan yaitu milik Kementerian Perhubungan dan Kepolisian. Namun, ia belum bisa memastikan berapa banyak helikopter yang tersedia sejak H-10 dan H+10 Lebaran.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...