Cari Penyebab Kematian Petugas KPPS, KPU Sudah Lakukan Audit Medis

Dimas Jarot Bayu
8 Mei 2019, 14:27
kpps meninggal, pemilu, pilpres 2019, kpu
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ketua KPU Arief Budiman mengunjungi kediaman Almarhum H. Umar Madi (Ketua KPPS TPS 68 Sukabumi Selatan) di Kebon Jeruk, Jakarta Barat (3/5). Hal itu sebagai penyerahan santunan kepada petugas KPPS yang meninggal saat melaksanakan tugas dalam Pemilu 2019.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz mengatakan, pihaknya telah melakukan audit medis terhadap para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia. Bahkan, audit itu berjalan sejak awal adanya peristiwa petugas KPPS meninggal dunia.

KPU melakukan audit tersebut bersama dengan Kementerian Kesehatan, melalui rumah sakit berbagai daerah. "Kami melakukan audit medis terhadap rekan-rekan kami yang meninggal," kata Viryan di kantornya, Jakarta, Selasa (8/5).

Dari hasil audit medis, KPU lantas bisa mengetahui penyebab dari kematian para petugas KPPS. Karena itu, Viryan menilai usulan pembentukan tim investigasi untuk mencari tahu penyebab kematian petugas KPPS sudah tidak diperlukan lagi. "Tim investigasi saya pikir tidak relevan," kata Viryan.

Viryan lantas meminta seluruh pihak mencari solusi agar Pemilu ke depan lebih baik lagi. Tujuannya, untuk meminimalkan petugas KPPS yang berguguran atau sakit. 

(Baca: KPU Persilakan Bentuk Tim Investigasi Penyebab Kematian Petugas KPPS)

Usulan investigasi terkait meninggalnya para petugas KPPS sebelumnya diusulkan oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Menurut Fahri, investigasi tersebut untuk mencegah spekulasi terkait penyebab kematian dari para petugas KPPS. 

“Beberapa hasil investigasi cukup mengagetkan. Modus meninggalnya sebagian ada kemungkinan diracun. Karena itu, jangan dibiarkan ini jadi spekulasi,” kata Fahri pada Senin lalu.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...