Prabowo Keluhkan Aneka Kriminalisasi Terhadap Para Pendukungnya

Image title
8 Mei 2019, 19:24
Prabowo Subianto, Prabowo
ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (tengah) bersama tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) memberikan keterangan kepada wartawan di kediamannya di Kertanegara, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Dalam pernyataannya, Prabowo menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya ratusan petugas KPPS serta menanggapi kriminalisasi sejumlah tokoh pendukung badan pemenangan paslon 02 Prabowo-Sandi.

Calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut bahwa ada pihak-pihak yang mengintimidasi tokoh-tokoh Badan Pemenangan Nasional (BPN). Hal ini ia utarakan saat menggelar jumpa pers di kediamannya, Kertanegara, Jakarta Selatan.

Prabowo mengaku prihatin dengan dipanggilnya beberapa tokoh yang mendukung BPN, mulai dari pemanggilan Bachtiar Nasir oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) atas tuduhan penggelapan dana Yayasan Keadilan Untuk Semua (YKUS) dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Bachtiar bahkan sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polri.

Prabowo menyebut upaya yang dilakukan Polri ini tidak beralasan, sebab kasus yang ditimpakan ke Bachtiar merupakan kasus lama dan ia pandang sebetulnya tidak ada unsur kejahatan ataupun usur pidana dalam peristiwa tersebut.

"Kami merasa diungkitnya kasus lama tersebut sebagai suatu tindakan sesudah pernyataan Ijtima Ulama 3 dan kami anggap sebagai upaya kriminalisasi ulama serta upaya untuk membungkam pernyataan sikap dari tokoh-tokoh masyarakat," ujar Prabowo, di Jakarta, Rabu (8/5).

(Baca Juga: Prabowo Beberkan Dugaan Kecurangan Pemilu ke Media Asing)

Selain Bachtiar, Prabowo juga mengungkit penahanan Ahmad Dhani serta pemanggilan Eggi Sudjana dan Buni Yani oleh Polri. Atas beberapa kejadian yang menimpa beberapa tokoh pendukungnya, Prabowo mengungkapkan keprihatinan.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...