Delapan Kontainer Bawang Putih Impor Asal Tiongkok Masuk Pelabuhan

Image title
Oleh Ekarina
13 Mei 2019, 19:15
impor bawang putih
ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Ilustrasi. Sebanyak 8 kontainer atau 232 ton bawang putih impor asal Tiongkok mulai memasuki Pelabuhan Belawan,

Delapan kontainer atau setara 232 ton bawang putih impor asal Tiongkok mulai memasuki Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Bawang putih impor tersebut didatangkan oleh dua importir yakni PT Makmur Jaya dan PT Setia Pesona.

"Benar ada bawang putih impor masuk ke Pelabuhan Belawan dan sedang dalam proses bongkar," ujar Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumatera Utara, Azrai Ridho Hanafiah, di Medan, Senin.

Menurutnya, setelah ini masih akan ada 12 kontainer bawang putih yang akan menyusul masuk ke Pelabuhan Belawan. Sehingga total impor bawang yang akan masuk pelabuhan tersebut berjumlah 20 kontainer.

(Baca: Harga Bawang Putih dan Cabai Merah Semakin Panas)

Azrai mengungkapkan, masuknya bawang putih impor tersebut diharapkan  mampu mengendalikan harga komoditas tersebut yang masih tinggi di pasar. Pengendalian harga itu salah satunya bakal dilakukan melalui operasi pasar (OP) bawang putih yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Sumut.

Harga bawang putih di Pasar Simpang Limun,  Sumut hingga awal pekan ini bertahan di kisaran Rp 80.000 per kilogram.

"Harga bawang putih ada yang Rp80.000 dan ada yang Rp 100.000 per kilogram untuk kualitas yang lebih bagus," ujar pedagang bawang putih bawang putih, N'bre Sembiring

Harga bawang putih, kata dia, terus merangkak naik sejalan dengan makin mengetatnya pasokan. "Payah (susah) dapat bawang putih. Stok di pedagang pun tidak banyak," katanya.

(Baca: Kemendag Patok Harga Jual Bawang Putih di Retail Modern Rp 35 Ribu/Kg)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...