Pelabuhan Patimban Ditarget Beroperasi 2019, PLN Siap Pasok Listrik

Penulis: Verda Nano Setiawan

Editor: Martha Ruth Thertina

13/5/2019, 13.33 WIB

Estimasi kebutuhan daya di Pelabuhan Patimban tahap 1 pada periode 2019-2023 yaitu sampai 90 MVA.

PLN siap memasok listrik Pelabuhan Patimban
Arief Kamaludin|KATADATA
PLN siap memasok listrik untuk kawasan Pelabuhan Patimban

Perusahaan Listrik Negara (PLN) siap memasok listrik untuk kawasan Pelabuhan Patimban, di Subang, Jawa Barat. Rencananya, pelabuhan tersebut mulai beroperasi sebagian pada akhir 2019, dan beroperasi penuh pada 2027.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo mengatakan Pelabuhan Patimban merupakan Proyek Strategis Nasional yang membutuhkan percepatan dalam pembangunan dan pengoperasiannya sehingga perlu kesiapan pasokan tenaga listrik.

PLN sudah siap untuk memasok listrik di kawasan tersebut. “Memang nanti ke depan musti ada lagi kerja sama dengan operator di sana tapi intinya kami sudah siapkan," ujar Agus di Gedung Kementerian Perhubungan, Senin (13/5).

(Baca: Surya Semesta dan Jasa Marga Garap Proyek Tol Pelabuhan Patimban)

PLN telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Ditjen Perhubungan Laut terkait penyediaan listrik tersebut. Estimasi kebutuhan daya di Pelabuhan Patimban untuk tahap 1 (Fase I.1 dan Fase I.2) pada periode 2019-2023 adalah hingga 90 mega volt ampere.

Nantinya, Ditjen Perhubungan Laut akan menyediakan prasarana dan fasilitas pendukung tenaga listrik di kawasan Pelabuhan Patimban. Sedangkan PLN yang akan melakukan penyediaan dan pelayanan tenaga listrik di kawasan tersebut.

Kedua belah pihak sepakat untuk melakukan tugas dan tanggungjawab sesuai kewenangan masing-masing, menyusun program penyediaan ketenagalistrikan secara terpadu, menyediakan tenaga, sarana, dan prasarana ketenagalistrikan yang diperlukan.

(Baca: China Railway Tertarik Berinvestasi Infrastruktur di Jabar)

“Kami berharap dengan ditandatanganinya kesepakatan yang berlaku selama lima tahun ini dapat semakin meningkatkan kerja sama dan sinergi yang baik antara Kementerian Perhubungan dengan PLN," ujar Agus.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN Amir Rosidin menyatakan komitmennya untuk terus memenuhi kebutuhan listrik di Patimban. “Salah satu komitmen PLN, untuk menyuplai daerah industri atau kawasan khusus nantinya di kawasan Pelabuhan Patimban," ujarnya.

Selanjutnya, pelaksanaan kesepakatan kerja sama akan diatur dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama antara Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Patimban dan PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat.

Reporter: Verda Nano Setiawan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan