Dibayangi Ketidakpastian Global, RI-Argentina Genjot Kerjasama Dagang

Image title
Oleh Ekarina
14 Mei 2019, 16:24
perdagangan indonesia argentina
Katadata
Ilustrasi. Indonesia ekspor ke Argentina pada 2018 mencakup karet alam, mesin piston pembakaran, bagian dan aksesori kendaraan bermotor, serta bagian alas kaki dan alas kaki.

Pemerintah Indonesia sepakat meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi dengan Argentina dan organisasi negara Amerika Latin (Mercosur). Upaya ini dilakukan di tengah ketidakpastian ekonomi dan perdagangan global.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan Indonesia memberi perhatian khusus pada peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi dengan negara-negara pasar nontradisional, salah satunya adalah Argentina dan Mercosur.

Menurutnya, perekonomian Indonesia dan Argentina bersifat saling melengkapi, kendati belum banyak potensi yang tergali seperti dengan negara-negara di kawasan Asia dan Eropa. "Untuk itu diadakan pembicaraan pada tingkat menteri, sekaligus menindaklanjuti kunjungan Wakil Presiden Argentina baru-baru ini ke Jakarta,” kata Enggar dalam keterangan resmi,  di Buenos Aires pada Senin (13/5) waktu setempat.

Mendag dan Menteri Luar Negeri dan Kepercayaan Argentina, Jorge Marcelo Fauir sepakat untuk membentuk tim kecil guna mengkaji jenis komoditas  yang dapat dipertukarkan antara kedua negara.

(Baca: Darmin Tak Khawatir Perang Dagang AS-Tiongkok Ganggu Ekonomi Indonesia)

Tim kecil ini akan mengidentifikasi hal-hal yang menjadi tantangan dalam perdagangan dua arah antara Indonesia dan Argentina, termasuk kelayakan bagi sebelum digulirkannya perudingan preferensi antara Indonesia dan Mercosur, yang mana Argentina merupakan salah satu pendirinya.

Enggar mengatakan, Indonesia berkomitmen meningkatkan kerja sama perdagangan dengan negara-negara Amerika Selatan. Hal ini dilakukan seiring mendesaknya kebutuhan mendiversifikasi pasar ekspor di tengah prediksi pelemahan perekenomian dunia dan perdagangan internasional tahun ini.

“Kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Argentina akan memiliki nilai geostrategis yang penting. Indonesia dapat memanfaatkan Argentina sebagai regional hub memasuki pasar sekitar lainnya di kawasan Amerika Latin," katanya.

(Baca: Kerja Sama Dagang, 6.474 Pos Tarif Produk RI ke Australia Akan Dihapus)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...