Pertamina Sebut Produksi Blok Mahakam Turun Akibat Kendala Pengeboran

Image title
Oleh Febrina Ratna Iskana - Verda Nano Setiawan
15 Mei 2019, 16:47
blok mahakam pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA
Pertamina sebut decline rate dan masalah pengeboran sumur jadi faktor penurunan produksi Blok Mahakam

PT Pertamina (Persero) jadi sorotan karena capaian lifting migas yang kurang memuaskan di sejumlah blok migas yang dikelola perusahaan plat merat tersebut. Lifting paling jeblok terjadi di Blok Mahakam dengan capaian lifting gas hanya 61% dan minyak hanya 85% dari target APBN 2019.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, rendahnya lifting migas Blok Mahakam karena terjadi penurunan produksi secara alami (decline rate). Selain itu, upaya Pertamina untuk menjaga produksi Blok Mahakam juga terganjal masalah pengeboran sumur.

Salah satu masalahnya adalah sulitnya Pertamina mendapatkan rig untuk melakukan pengeboran di Blok Mahakam. Nicke mengatakan, dari target 188 sumur yang akan dikerjakan tahun ini, Pertamina baru mampu melakukan pengeboran sepertiga dari target atau sekitar 40 sumur.

"Ketersediaan rig di dalam negeri untuk melakukan pengeboran sumur ternyata agak sulit. Sehingga butuh waktu yang cukup panjang untuk melakukan proses pengadaannya karena harus mengundang pihak-pihak baru untuk ikut dalam tender rig,"kata Nicke ketika ditemui di Gedung DPR/MPR pada Selasa (14/5).

Selain itu, Nicke bilang masalah cuaca juga mempengaruhi kegiatan hulu migas di Blok Mahakam. Menurutnya, kondisi cuaca di awal tahun 2019 masih kurang bagus.

Nicke juga beralasan penurunan produksi Blok mahakam terjadi karena hasil pengeboran sumur-sumur baru di area too low shallow lebih rendah dari yang diperkirakan. "Ini kita sadari karakteristik dari hulu. Tapi kita lakukan dengan percepatan 118 sumur dan tambah construction rig sehingga nanti well-connection-nya akan lebih cepat," ujar Nicke.

(Baca: SKK Migas: Produksi Blok Terminasi Menurun, Terutama di Blok Mahakam )

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...