Temukan Serangan Malware, WhatsApp Imbau Penggunanya Perbarui Aplikasi

Cindy Mutia Annur
15 Mei 2019, 08:59
WhatsApp temuka serangan malware, NSO
Katadata
WhatsApp temukan serangan malware (spyware). Karena itu, perusahaan mengimbau mengimbau para penggunanya untuk memperbarui aplikasi ke versi terbarunya.

Aplikasi media sosial WhatsApp temukan serangan malware (spyware) yang dapat menginfeksi ponsel lewat fungsi panggilan suara tak dikenal. Karena itu, platform media sosial tersebut mengimbau para penggunanya untuk memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbarunya.

WhatsApp menyebut pembaruan aplikasi betujuan untuk melindungi pengguna terhadap potensi eksploitasi yang ditargetkan pada informasi yang tersimpan di perangkat seluler mereka. “Perusahaan kami juga terus bekerja sama dengan mitra industri kami untuk menyediakan peningkatan keamanan terbaru untuk melindungi pengguna," ujar seorang juru bicara Whatsapp seperti dilansir Investing.com, Selasa (14/5).

Financial Times melaporkan, kerentanan di Whatsapp memungkinkan penyerang menyuntikkan spyware pada ponsel dengan menargetkan pengguna melalui panggilan telepon di aplikasi tersebut. Adapun, spyware tersebut diduga merupakan kode yang dikembangkan oleh perusahaan pengawasan cyber Israel, NSO Group.

(Baca: Dianggap Monopoli, Facebook Diminta Lepas Instagram dan WhatsApp)

Sementara, NSO mengatakan akan menyelidiki penyalahgunaan perangkat mereka termasuk dengan memastikan sistem yang ada. Perusahaan itu memastikan, dalam situasi apapun perusahaannya tidak akan terlibat dalam pengoperasian atau identifikasi target menggunakan teknologinya, kecuali semata-mata dioperasikan oleh badan intelijen dan penegak hukum.

Menurut Reuters, salah satu target dari kasus serangan di WhatsApp tersebut adalah seorang pengacara hak asasi manusia di Inggris. Pria tersebut mengatakan bahwa serangan terhadap dirinya terjadi pada hari Minggu setelah WhatsApp mengeluarkan pembaruannya, namun ia tidak berhasil melakukannya.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...