Bank Mandiri Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Tahun ini Bisa Capai 5,22%

Rizky Alika
16 Mei 2019, 06:51
pertumbuhan ekonomi, bank mandiri, prediksi pertumbuhan ekonomi
Arief Kamaludin|KATADATA
Bank Mandiri

Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro memperkirakan ekonomi Indonesia tahun ini masih akan tumbuh positif sebesar 5,22%, walaupun masih di bawah target pemerintah sebesar 5,3%. Pertumbuhan ekonomi tahun ini diperkirakan akan didorong oleh membaiknya sejumlah sektor domestik.

"Beberapa sektor masih tumbuh tinggi, seperti communication serta makanan dan minuman akan tumbuh baik. Sektor tourism juga didorong oleh pemerintah," kata Andry dalam paparan Macro Economic Outlook di Plaza Mandiri, Jakarata, Rabu (15/5).

Selain itu, lanjut Andry, pertumbuhan ekonomi juga akan didukung oleh dimulainya musim panen pada April 2019, meningkatnya konsumsi masyarakat pada Ramadan dan Idul Fitri, masa libur sekolah dan tahun pendidikan baru, serta pemberian THR serta gaji ke-13 bagi pegawai negeri sipil (PNS).

Konsumsi kelas bawah juga akan meningkat ditopang oleh bantuan sosial yang dianggarakan sebesar Rp 70 triliun pada tahun ini. Sementara kelas menengah atas, konsumsi diperkirakan juga akan meningkat seiring dengan naiknya tingkat keinginan membayar (willingness to pay) pada sektor properti.

(Baca: Ekonomi Kuartal I 5,07%, Tren Melambat Diramal Berlanjut Selama 2019)

Selain konsumsi, investasi juga diperkirakan membaik pada paruh kedua tahun ini. Andry memperkirakan aliran masuk Penanaman Modal Asing (PMA) akan kembali tumbuh. "Ini seiring dengan semakin meredanya ketidakpastian akibat tahun politik dan pengumuman kabinet kerja yang baru," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...