Jokowi Kembali Janji Tambah 100 Jabatan Perwira Tinggi TNI

Dimas Jarot Bayu
16 Mei 2019, 19:36
Jokowi, TNI, Polri
ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Seorang prajurit TNI AD berada di atas kendaraan taktis Anoa 6x6 yang disiagakan di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (18/4/2019). Hal tersebut guna memberikan rasa aman bagi masyarakat terutama seusai pencoblosan Pemilu 2019.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji menambah 100 jabatan perwira tinggi untuk Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hal itu disampaikan Jokowi dalam acara buka bersama TNI/Polri di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Kamis (16/5).

Dalam acara tersebut, tampak hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Turut hadir pula, Jaksa Agung M. Prasetyo, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Ketua DPD Oesman Sapta Odang dan Ketua KPK Agus Rahardjo.

Jokowi mengatakan, penambahan 100 jabatan perwira tinggi itu dilakukan untuk meningkatakan kapasitas TNI. Pasalnya, dia menilai tugas TNI ke depan akan semakin berat. "Akan segera saya tanda tangani (penambahan) jabatan perwira tinggi TNI yang kurang lebih 100 lagi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, rancangan penambahan 100 jabatan perwira tinggi tersebut saat ini masih dikaji oleh Kementerian Pertahanan, ia perkirakan rancangan tersebut sampai di mejanya pada pekan depan.

Selain penambahan jabatan perwira tinggi, Jokowi juga akan menaikkan gaji untuk TNI/Polri. Namun, rencananya gaji TNI/Polri hanya akan dinaikkan sekitar 5%. Kenaikan yang hanya 5% ini diutarakan Jokowi karena pertumbuhan ekonomi yang diharapkan meningkat sedang terganjal penurunan ekonomi global.

(Baca: TNI-Polri Bersiaga Antisipasi Rusuh Saat Pengumuman Pemenang Pemilu)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...