Kepala Bappenas Janjikan Calon Ibu Kota Baru Diumumkan Tahun Ini

Agatha Olivia Victoria
16 Mei 2019, 15:08
pemindahan ibu kota, Bappenas, Bambang Brodjonegoro, Jokowi
SEKRETARIAT KABINET
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi yang diusulkan menjadi calon ibu kota baru di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Presiden didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Wacana pemindahan ibu kota negara sudah lama digagas bahkan sejak era pemerintahan Soekarno. Namun kini, pemindahan ibu kota nampaknya bukan lagi wacana semata.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro memastikan dua dari tiga kandidat calon ibu kota baru sudah dikunjungi presiden. “Untuk keputusan final calon ibu kota baru akan diumumkan tahun ini,” tegasnya saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (16/5).

Dua dari kandidat yang sudah dikunjungi presiden berada di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Masing-masing kandidat memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri sebagai calon ibu kota negara yang baru. Satu kandidat lagi, yakni di Kalimantan Selatan akan dikunjungi presiden dalam waktu dekat.

Pemilihan calon ibu kota negara yang baru dikatakan Bambang tidak mudah, sebab ada beberapa kriteria penentuan lokasi ibu kota yang menjadi pertimbangan presiden.

Beberapa kriteria yang dimaksud antara lain, lokasi yang strategis, ketersediaan lahan yang luas, bebas dari bencana alam, dekat dengan kota yang sudah berkembang, memiliki potensi konflik sosial yang rendah dan memenuhi perimeter pertahanan dan keamanan.

(Baca: Bappenas: Butuh Dana Rp 466 Triliun untuk Pindahkan Ibu Kota)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...