KPU: Tak Ada Protes Manipulasi dari Kubu Prabowo selama Rekapitulasi

Dimas Jarot Bayu
16 Mei 2019, 12:46
kubu prabowo tolak hasil hitung KPU
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ketua KPU Arief Budiman dan para komisioner berbincang dengan anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin di sela Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan dan Perolehan Suara Tingkat Nasional di kantor KPU, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari menyebut saksi dari pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tak pernah mengajukan keberatan dalam forum rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional. Para saksi tersebut juga tidak pernah menyampaikan kecurangan-kecurangan yang terjadi dalam Pemilu 2019.

Hingga rekapitulasi dilakukan untuk 26 provinsi, Hasyim menyebut seluruh saksi yang hadir menerima hasil rapat. Padahal, kubu Prabowo-Sandiaga kerap kali menggaungkan adanya dugaan kecurangan Pemilu 2019. Bahkan, mereka sampai tak mau mengakui hasil penghitungan suara karena adanya kecurangan tersebut.

"Tidak ada yang menyampaikan di sini yang urusannya dengan perolehan suara, istilahnya penggelembungan, manipulasi, dibelokkan ke sana, dibelokkan ke sini, tidak ada komplain, baik TKN 01 maupun BPN 02," kata Hasyim di kantornya, Jakarta, Kamis (16/5).

(Baca: Tolak Hasil Hitung KPU, Prabowo dan Sandi Minta Pendukung Berjuang)

Menurut Hasyim, KPU tak pernah menutup diri dari pengajuan keberatan berbagai pihak terkait Pemilu 2019. Hasyim menyebut pihaknya mempersilakan mereka untuk menyampaikan keberatan.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...