Akuisisi Ruas Surabaya-Mojokerto, Astra Kini Miliki 30% Tol Trans Jawa

Image title
17 Mei 2019, 21:24
Anak usaha Astra Internasional ini mengakuisisi 44,5% saham Jasamarga Surabaya-Mojokerto.
Arief Kamaludin | Katadata
Anak usaha Astra Internasional ini mengakuisisi 44,5% saham Jasamarga Surabaya-Mojokerto.

PT Astra Infra melalui PT Astra Tol Nusantara mengumumkan akuisisi 44,5% saham PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) senilai Rp 1,7 triliun, pada hari ini (17/5). JSM merupakan pemegang konsesi jalan tol ruas Surabaya-Mojokerto sepanjang 36,3 kliometer (km). 

Transaksi tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian jual-beli saham JSM dari PT Moeladi sebesar 24,2% dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk 20,3%. Dengan begitu, anak usaha PT Astra International tersebut memiliki 44,5% saham JSM. Sisa saham JSM sebesar 55,5%, dimiliki oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Langkah tersebut merupakan upaya Astra Infra untuk memperkuat portfolio investasi di ruas tol Trans Jawa. Kontribusi Astra Infra di Tol Trans Jawa meliputi ruas tol Tangerang-Merak (72,5 km), Cikopo-Palimanan (116,8 km), Semarang-Solo (72,6 km), Jombang-Mojokerto (40,5 km) dan Surabaya-Mojokerto (36,3 km).

"Akusisi saham tol Surabaya-Mojokerto ini akan menambah kontribusi Astra Infra di Tol Trans Jawa menjadi sepanjang 338,6 km atau sekitar 30% dari total panjang tol Trans Jawa." kata Group CEO Astra Infra Djap Tet Fa di Jakarta, Jumat (17/5).

(Baca: Tol Jombang-Mojokerto Ditaksir Dilalui 52 Ribu Kendaraan selama Mudik)

Ruas tol Surabaya-Mojokerto yang tersambung dengan tol Jombang-Mojokerto dan tol Surabaya-Gempol ini beroperasi penuh sejak 19 Desember 2017. Menurut Djap Tet Fa, ruas tol ini menjadi salah satu jalur tol Trans Jawa yang strategis. Sebab, ruas tol ini menghubungkan Surabaya dengan wilayah Jawa Timur bagian barat. 

Keberadaan jalan tol ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan di sepanjang jalur Surabaya-Mojokerto. Ia juga berharap, jalan tol ini dapat meningkatkan konektivitas dan menjadi jalur utama logistik nasional. Dengan begitu, potensi ekonomi Mojokerto, Jombang, dan Jawa Timur secara umum bisa meningkat.

Saat ini, Astra Infra memiliki enam ruas jalan tol. Sebanyak lima ruas di antaranya telah beroperasi penuh di tol Trans Jawa, dengan total panjang 338,6 km. Selain itu, Astra Infra memiliki ruas tol Serpong-Kunciran yang merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR 2).

(Baca: Astra International Siapkan Modal Rp 30 T untuk Ekspansi Anak Usaha)

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...