Dua Pekan Jelang Lebaran, Harga Bawang Putih Berangsur Turun

Image title
Oleh Ekarina
17 Mei 2019, 18:19
harga bawang putih turun
ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Harga bawang putih berangsur turun.

Setelah sempat melambung, harga bawang putih di beberapa pasar tercacatat mulai mengalami penurunan. Penurunan harga salah satunya disebabkan oleh mulai meningkatnya jumlah pasokan bawang putih impor.

Harga bawang putih di Pasar Jatinegara, Jakarta, berangsur turun setelah pada awal Ramadhan sempat hampir menyentuh Rp 100 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang bahan pokok di Pasar Jatinegara, mengatakan penurunan itu terjadi sejak sepekan terakhir. "Sekarang bisa dikatakan normal jadi Rp35 ribu. Sebelum hingga awal puasa tinggi harganya, bahkan mencapai Rp 100 ribu per kilogram," kata Ginting, di Jakarta, Jumat (17/5).

Ginting mengatakan penurunan itu disebabkan oleh mulai masuknya bawang putih impor sehingga membuat pasokan ditingkat distributor melimpah.

(Baca: Kemendag Patok Harga Jual Bawang Putih di Retail Modern Rp 35 Ribu/Kg)

Meski demikian, harga jual Rp 35 ribu dinilai masih tergolong tinggi mengingat pada saat normal dan sebelum terjadi lonjakan. Harga jual bawang putih di pasaran hanya berkisar Rp 26 ribu-Rp 28 ribu per kilogram untuk jenis bawang sinco atau banci.

"Kenaikan bawang putih jadi hal biasa kalau puasa ini. Nanti beberapa hari sebelum lebaran naik lagi," kata dia.

Sementara beberapa komoditas lain seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, telur ayam dalam kisaran harga stabil. Cabai merah berada diharga Rp 26.000 per kilogram, cabai keriting Rp 24.000 per kilogram, bawang merah Rp 28.000 per kilogram, dan telur Rp 23.000 per kilogram.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Badan Usaha Milik Daerah BUMD Foodstation menerima 145 ton pasokan bawang putih impor asal China untuk menstabilkan harga.

Hampir sama dengan kondisi di Jakarta, harga jual bawang putih dan beberapa bahan pokok juga mulai stabil di Palu, Sulwesi Tengah dan Jember, Jawa Timur.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Zainuddin Hak di Palu, Jumat, mengatakan harga bawang putih di tingkat pengecer dalam beberapa hari terakhir ini mulai turun setelah sebelumnya meningkat tajam.

Harga bawang putih di pasaran saat ini sudah ada yang menjual Rp45.000 per kilogram dari harga sebelumnya yang mencapai Rp 100.000 per kilogram. Harga bawang putih di pasa berangsur-angsur turun, setelah mendapat pasokan, meski belum mencapai level normal.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...