Ma'ruf Amin Pastikan Anak-Anaknya Tak Akan Jadi Menteri

Dimas Jarot Bayu
17 Mei 2019, 22:20
Pasangan capres dan cawapres, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, saat pendaftaran capres di KPU Pusat, Jakarta, Jumat, (10/08)
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Pasangan capres dan cawapres, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, saat pendaftaran capres di KPU Pusat, Jakarta, Jumat, (10/08)

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin memastikan anak-anaknya tak akan masuk dalam kabinet jika dirinya terpilih bersama Joko Widodo dalam Pilpres 2019. Ma'ruf tidak membolehkan anak-anaknya menjadi menteri dalam pemerintahan periode 2019-2024.

"Enggak lah, enggak boleh ikut-ikut lah," kata Ma'ruf di Posko Cemara, Jakarta, Jumat (17/5).

Lebih lanjut, Ma'ruf menyebut dirinya tak bisa menentukan apakah anak-anaknya akan menjadi menteri. Sebab, pengisian jabatan menteri merupakan hak prerogatif Jokowi sebagai Presiden.

(Baca: Hasil Rekapitulasi 27 Provinsi, Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 55,59%)

Lagipula, belum ada penetapan dari KPU bahwa dirinya terpilih sebagai pemenang Pilpres 2019. Penetapan dan pengumuman hasil rekapitulasi penghitungan suara baru akan dilakukan KPU setelah 22 Mei 2019.

"Saya belum jadi wakil presiden, jadi kalau reshuffle itu ya Beliau (Jokowi)," kata Ma'ruf.

Untuk diketahui, keempat anak Ma'ruf kerap kali terlibat dalam kampanye Pilpres 2019. Mereka, adalah Siti Haniatunnisa, Siti Ma'rifah, Ahmad Syauqi, dan Siti Mamduhah.

Mereka kerap mendampingi Ma'ruf ketika berkampanye ke berbagai wilayah dan berkunjung ke pondok pesantren. Bahkan, ada anak Ma'ruf yang membuat kumpulan relawan demi pemenangan Pilpres 2019.

(Baca: Serukan Perdamaian, 9 Pemimpin Muda Minta Prabowo Ikut Proses yang Sah)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...