S&P Memantau Pasar Obligasi Indonesia Tetap Dipilih Investor Asing

Hari Widowati
17 Mei 2019, 06:52
Suasana Bursa Efek Indonesia
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pasar obligasi Indonesia masih menjadi destinasi investasi yang menarik bagi investor asing.

Lembaga pemeringkat Standard and Poor's (S&P) menilai pasar obligasi Indonesia tetap menjadi destinasi investasi pilihan bagi para pengelola investasi global. Pemilihan umum (Pemilu) yang berlangsung aman dan kebijakan ekonomi yang proaktif menjadi sentimen positif bagi pasar obligasi.

Director Sovereign & International Public Finance Ratings, S&P Global Ratings, Kim Eng Tan mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir lebih baik dibandingkan rata-rata pertumbuhan negara-negara di dunia. Dalam proyeksi yang dirilis November 2018, S&P memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai 5,3% tahun ini dan 5,5% pada 2020.

Advertisement

Tan menyebut pemerintah Indonesia maupun korporasi gencar menerbitkan surat utang dan sebagian besar diserap oleh investor asing. Menurut data Kementerian Keuangan, kepemilikan investor asing di surat berharga negara (SBN) hingga 15 Mei 2019 mencapai Rp 955,5 triliun atau 38,61%. Porsi kepemilikan investor asing di pasar obligasi pemerintah dalam mata uang lokal ini merupakan nomor tiga tertinggi di dunia setelah Jepang 46% dan Tiongkok 41%.

"Tentu saja ada sisi plus minusnya. Indonesia salah satu destinasi investasi obligasi bagi fund manager asing Indonesia, ini juga positif untuk pertumbuhan Indonesia," kata Tan dalam Indonesia in 2019: Coping With a Post-election Year, di Jakarta, Kamis (16/5).

Di sisi lain, ketergantungan terhadap sumber pendanaan dari luar negeri juga berisiko karena ada faktor-faktor eksternal yang tidak bisa dikontrol. Misalnya, jika terjadi penarikan dana asing dari pasar negara-negara berkembang, pasar obligasi akan bergejolak.

Sejauh ini, Tan melihat Indonesia memiliki kebijakan ekonomi yang stabil sehingga proaktif bagi investor asing. Untuk menjaga keyakinan investor, pemerintah harus gigih menjaga pertumbuhan ekonomi agar sesuai target yang dibidik. Stabilitas di sektor keuangan juga harus dipertahankan.

Tan menilai, gejolak politik yang terjadi pasca-Pemilu di Indonesia masih wajar dan tidak akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi. "Demokrasi di Indonesia berjalan dengan baik, saya tidak khawatir dengan perkembangan saat ini," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement