Bertahan 7 Jam, Massa Demonstran Pemilu akan Kepung Lagi Bawaslu Besok

Image title
Oleh Fahmi Ramadhan - Antara
21 Mei 2019, 21:49
demo hasil Pilpres
Sejumlah masa yang tergabung dalam Gerakan Kedaulatan Rakyat melakukan solat terawih berjamaah saat aksi di depan Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat (21/5). Demo sebagai bentuk penolakan terhadap hasil Pemilu 2019.

Ribuan orang pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menggelar demo sekitar tujuh jam di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jakarta, Selasa, (21/5). Massa yang menamakan Gerakan Kedaulatan Rakyat bubar setelah menyelesaikan ibadah salat tarawih di ruas jalan, dan rencana akan kembali mengepung Bawaslu, besok.

"Mari teman-teman segera membubarkan diri, jangan terprovokasi. Siapkan tenaga besok kita akan balik lagi," kata
Ketua Panitia Reuni 212 Bernad Abdul Jabbar saat menyampaikan orasi.

Sebelum massa bubar, polisi mengingatkan pengunjuk rasa tidak boleh menginap, dan harus meninggalkan lokasi setelah melaksanakan salat tarawih. "Tidak boleh bermalam, tidak boleh menginap. Semua harus bubar malam hari ini juga," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

Baca: Ribuan Pengawal BPN Prabowo-Sandiaga 'Mengepung' Bawaslu

Lepas waktu berbuka puasa, polisi mulai membubarkan pedemo yang telah berada di depan Gedung Bawaslu mulai pukul 14.00. Polisi hanya memberikan waktu demo sampai waktu berbuka puasa, namun hingga melewati pukul 20.00 WIB, massa masih berkumpul dan belum tampak meninggalkan kerumunan.

Demo bawaslu
Demo bawaslu (Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA)

Dedi Prasetyo mengatakan sudah terdapat kesepakatan dengan koordinator aksi, massa akan membubarkan diri setelah menjalankan shalat maghrib, tetapi petugas masih melakukan negosiasi dengan peserta aksi.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...