Elite Partai Koalisi Ucapkan Selamat dan Minta "Posisi" kepada Jokowi

Penulis: Michael Reily

Editor: Sorta Tobing

21/5/2019, 19.33 WIB

Megawati mengaku senang jika Puan Maharani terpilih sebagai Ketua DPR.

koalisi indonesia kerja, presiden jokowi, pilpres 2019
Katadata/Michael Reily
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/5).

Pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Kerja yang mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengunjungi Istana Merdeka sejak pukul 15.00 WIB. Elite partai besar datang untuk memberikan ucapan selamat setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan kemenangan Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019.

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesodibjo, Ketua Umum PSI Grace Natalie, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, serta Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra datang ke Istana Merdeka, Jakarta, sore tadi.

Airlangga menyatakan Golkar sudah mengajukan posisi pimpinan Majelis Permusyawarahan Rakyat (MPR). "Presiden positif atas permintaan Golkar dan mewajarkan karena sebagai pemenang kedua (dalam Pemilihan Legislatif)," katanya usai pertemuan, Selasa (21/5).

Dia juga mengaku tidak ada pembicaraan teknis tentang kursi menteri dalam kabinet lima tahun ke depan. Semua pimpinan partai sepakat untuk memperkuat koalisi. Soal opsi tambahan partai baru akan menjadi kewewenangan presiden.

(Baca: Sambangi Istana, Megawati Ingin Pertama Kali Beri Ucapan kepada Jokowi)

Muhaimin mengatakan, PKB menyerahkan pilihan jabatan kepada presiden, tetapi partainya mengharapkan posisi ketua dalam parlemen atau menteri dalam kabinet. Namun, pilihan itu juga berdasarkan hasil diskusi dalam rapat koalisi.

Menurut dia, kabinet yang ada di menteri harus punya kompetensi dan integritas yang cocok. Dia pun mengaku sudah memberikan rekomendasi 20 nama untuk menjadi menteri dari PKB. "Saya sebutkan namanya, saya kasih, terserah beliau," ujarnya.

Dua tamu pertama yang datang ke Istana Merdeka adalah Megawati Soekarnoputri dari PDIP dan Try Sutrisno dari PKPI. Salah satu rumor yang beredar adalah Puan Maharani yang bakal menjadi pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Megawati pun menyebut diskusi bakal berlangsung dalam rapat koalisi. Sebab, posisi pimpinan tidak hanya ketua, tetapi juga posisi wakil ketua. Namun, dia mengaku senang jika Puan Maharani terpilih sebagai ketua.

Ia mengaku belum ada rencana untuk buka puasa bersama Koalisi Indonesia Kerja. "Tidak, Pak Surya Paloh (Ketua Umum Nasdem) masih di luar negeri," kata Megawati.

(Baca: Pasca-Pengumuman KPU, Jokowi Pastikan TNI dan Polri Jaga Keamanan)

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan