Elite Partai Koalisi Ucapkan Selamat dan Minta "Posisi" kepada Jokowi

Michael Reily
21 Mei 2019, 19:33
koalisi indonesia kerja, presiden jokowi, pilpres 2019
Katadata/Michael Reily
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/5).

Pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Kerja yang mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengunjungi Istana Merdeka sejak pukul 15.00 WIB. Elite partai besar datang untuk memberikan ucapan selamat setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan kemenangan Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019.

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesodibjo, Ketua Umum PSI Grace Natalie, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, serta Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra datang ke Istana Merdeka, Jakarta, sore tadi.

Airlangga menyatakan Golkar sudah mengajukan posisi pimpinan Majelis Permusyawarahan Rakyat (MPR). "Presiden positif atas permintaan Golkar dan mewajarkan karena sebagai pemenang kedua (dalam Pemilihan Legislatif)," katanya usai pertemuan, Selasa (21/5).

Dia juga mengaku tidak ada pembicaraan teknis tentang kursi menteri dalam kabinet lima tahun ke depan. Semua pimpinan partai sepakat untuk memperkuat koalisi. Soal opsi tambahan partai baru akan menjadi kewewenangan presiden.

(Baca: Sambangi Istana, Megawati Ingin Pertama Kali Beri Ucapan kepada Jokowi)

Muhaimin mengatakan, PKB menyerahkan pilihan jabatan kepada presiden, tetapi partainya mengharapkan posisi ketua dalam parlemen atau menteri dalam kabinet. Namun, pilihan itu juga berdasarkan hasil diskusi dalam rapat koalisi.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...