Gojek Tumbuh Pesat, Nadiem Akui Kewalahan Pimpin 4 Ribu Pegawai

Michael Reily
21 Mei 2019, 00:00
CEO Gojek Nadiem Makarim kewalahan pimpin Gojek.
Arief Kamaludin | Katadata
CEO Gojek Nadiem Makarim kewalahan pimpin Gojek.

Chief Executive Officer (CEO) sekaligus pendiri Gojek Nadiem Makarim bercerita perihal tantangan yang ia hadapi untuk mengembangkan bisnisnya menjadi seperti sekarang ini. Ia merasa pertumbuhan Gojek sangat pesat dalam empat tahun terakhir.

Jumlah pegawai misalnya, naik signifikan dari 200 menjadi empat ribu orang saat ini. “Terus terang kewalahan. Kami mengejar pertumbuhan yang begitu pesat,” kata dia di Jakarta, Senin (20/5).

Cakupan Gojek juga meluas dengan cepat, dari satu kota menjadi 200 kabupaten. Bahkan, Gojek sudah hadir di empat negara. “Bagaimana kami bisa memastikan DNA, kultur dan dampak sosial tidak pernah luntur. Itu hal yang selalu membuat saya stress,” katanya.

(Baca: Disebut Jadi Decacorn, Nadiem: Pendanaan Gojek Selalu Mulus )

Sebagaimana diketahui, Gojek fokus menggandeng tim manajemen dan mitra lokal untuk bisa hadir di Singapura, Thailand, dan Vietnam. Ia pun harus memotivasi banyak pegawai baik di Indonesia maupun negara-negara lainnya  supaya bekerja sesuai dengan visi misi perusahaan.

Ekosistem Gojek yang semakin besar juga menjadi tantangan tersendiri bagi Nadiem. Per Maret 2019, aplikasi Gojek diunduh lebih dari 142 juta kali. Gojek juga sudah menggandeng lebih dari dua juta mitra pengemudi di Asia Tenggara.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...