Hadapi Gugatan Prabowo di MK, Tim Jokowi Siapkan Puluhan Pengacara

Penulis: Pingit Aria

21/5/2019, 20.02 WIB

Tim akan dipimpin oleh Yusril Ihza Mahendra.

Yusril-Jokowi
BIRO PERS PRESIDEN

Tim kuasa hukum Joko Widodo-Ma'ruf Amin tengah bersiap untuk menghadapi gugatan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terkait hasil Pemilu 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Tim yang dipimpin oleh Yusril Ihza Mahendra itu mengumpulkan puluhan pengacara.

"Beberapa hari lalu sudah menyiapkan para pengacara yang tergabung tim advokasi pembelaan TKN (Tim Kampanye Nasional),” kata Yusril kepada pers, di Media Center Cemara, Menteng, Jakarta, Selasa (21/5).

Ia menjelaskan, dalam sengketa pemilu presiden yang diajukan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan berstatus sebagai termohon. Sementara TKN Jokowi-Ma’ruf dalam perkara ini akan mengajukan diri sebagai pihak terkait.

(Baca juga: Jokowi: Kalau Kalah, Wajar Tidak Puas tapi Jangan Buat yang Aneh-aneh)

“Insyaallah, jika pasangan calon 02 dalam waktu tiga hari mendaftarkan permohonan, maka kami mengajukan surat permohonan ke MK, sebagai pihak terkait nantinya. Kami berharap perkara berjalan fair dan adil," jelas dia.

Menurut Yusril, untuk maju sebagai pihak terkait, pasangan calon (paslon) 01 berhak mengajukan saksi ahli, dan menyanggah pemohon dari pihak kubu 02. Sebagai kuasa hukum pasangan Jokowi-Ma'ruf, ia juga akan bekerja sama dengan Direktur Hukum dan Advokasi TKN, Ade Irfan Pulungan.

Pada kesempatan tersebut, Yusril mengaku menghormati keputusan Prabowo-Sandiaga menempuh jalur hukum untuk menolak hasil rekapitulasi KPU. "Setiap orang boleh mengajukan permohonan yang merupakan hak konstitusional ke MK. Kita hormati dan sambut dengan baik keputusan paslon 02," katanya.

(Baca juga: Jokowi Hargai Langkah Prabowo-Sandiaga Gugat Hasil Pilpres 2019 ke MK)

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan