Moeldoko: Ada 3 Orang Aktor Penyelundup Senjata di Aksi 22 Mei

Rizky Alika
22 Mei 2019, 12:04
Moeldoko, aksi massa 22 Mei 2019
Antara
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

Pemerintah mengungkap adanya kepentingan yang menunggangi aksi massa 22 Mei 2019. Hal ini diungkapkan Kepala Staf Presiden Moeldoko dalam konferensi pers di Kantor Staf Presiden, Rabu (22/5)

Moeldoko mengungkapkan, ada tiga orang aktor yang menyelundupkan senjata laras panjang pada aksi massa 22 Mei 2019. Masing-masing memiliki peranan sebagai pencari senjata, penyedia senjata, dan eksekutor.

Advertisement

"Namanya jelas, antara lain Asumardi yang mencari senjata, Helmi Kurniawan menjual senjata. Sementara, Irvansyah disiapkan sebagai eksekutor," kata dia di kantornya, Jakarta, Rabu (22/5).

Moeldoko menjelaskan, eksekutor yang disiapkan ini telah menargetkan pejabat negara sebagai sasaran dengan bermodalkan dua senjata jenis pistol. Aktor tersebut telah diamankan dan senjata telah disita oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim).

Adanya temuan ini membuat Moeldoko yakin bahwa ada upaya sistematis dari kelompok tertentu untuk memperkeruh suasana. Namun, kelompok provokator tersebut tengah di dalami lebih lanjut identitasnya.

(Baca: Moeldoko Nilai Ada Upaya Sistematis Manfaatkan Aksi Massa 22 Mei)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement