Pabrik Pemurnian Limbah Tambang Pertama RI Beroperasi Tahun Ini

Image title
22 Mei 2019, 12:15
Smelter limbah tambang pertama di Indonesia
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Aktivitas di tambang batu bara legal di Baru Tengah, Kalimantan Timur (19/1/2019).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) limbah tambang (slag) pertama di Indonesia ditargetkan beroperasi tahun ini. Smelter ini terletak di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Smelter limbah tambang yang dibangun oleh PT Kapuas Prima Citra ini memiliki kapasitas 36 ribu konsentrat timbal, dan dapat memproduksi 22 ribu ton timbal bullion per tahun. "Fasilitas pemurnian ini merupakan salah satu pionir industri pemurnian," ujar Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Yunus Saefulhak kepada katadata.co.id, Selasa (21/5).

(Baca: Pemerintah Rencanakan Pemanfaatan Limbah Tambang Smelter)

Keberadaan smelter limbah tambang tersebut diharapkan dapat mendorong perkembangan industri berbasis mineral timbal dan seng. Selain smelter limbah tambang, ia menyebut ada dua smelter lainnya yang akan beroperasi tahun ini, yaitu smelter nikel milik PT Wanatira Persada dan PT Aneka Tambang (Antam).

Smelter nikel milik Wanatiara Persada berlokasi di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Smelter ini akan menggunakan empat line system Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) untuk memurnikan 2,2 juta ton bijih nikel, dan dapat memproduksi 200 ribu ton Feronikel dengan kadar Ni > 15%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...