Pemerintah AS Longgarkan Pembatasan Perdagangan Huawei

Cindy Mutia Annur
22 Mei 2019, 12:10
Huawei, pembatasan perdagangan, Kementerian Perdagangan AS
REUTERS/Kevin Lamarque/ANTARA FOTO
Ilustrasi, Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Pemerintah Amerika Serikat (AS) memutuskan melonggarkan kebijakan pembatasan perdagangan antara Huawei Technologies Co Ltd dengan perusahaan komponen teknologi AS hingga 19 Agustus 2019.

Mengutip Reuters, Rabu (22/5), tujuan penangguhan pembatasan perdagangan ini adalah, supaya operator telekomunikasi yang bergantung pada perangkat Huawei agar membuat pengaturan lain.

Lisensi yang berlaku hingga 19 Agustus mendatang tersebut menyarankan perubahan pada rantai pasokan perangkat Huawei yang mungkin memiliki konsekuensi secara langsung, berjangkauan luas, dan tidak disengaja bagi pelanggannya.

"Singkatnya, lisensi ini akan memungkinkan operasi untuk terus berlanjut bagi pengguna telepon seluler Huawei yang ada dan jaringan broadband pedesaan," ujar Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross, dikutip dari Reuters.

Departemen Perdagangan AS menjelaskan bahwa akan memungkinkan Huawei untuk membeli barang buatan AS untuk dalam menjaga jaringan yang ada dan menyediakan pembaruan perangkat lunak untuk handset Huawei yang ada.

Departemen Perdagangan AS mengatakan, akan mengevaluasi apakah akan memperpanjang pembatasan perdagangan terhadap perusahaan tersebut di atas 90 hari.

Menanggapi pelonggaran ini, Huawei merespon dengan keras. Pendiri Huawei Ren Zhengfei menyebut, langkah yang diambil pemerintah AS ini seolah-olah meremehkan Huawei Pasalnya, penangguhan hukuman ini tidak berarti apa-apa bagi Huawei dan menyebut, penangguhan ini hanyalah skenario yang sudah disiapkan pemerintah AS.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...