Tak Terpengaruh Aksi 22 Mei, Dana Asing Rp 1,7 triliun Masuk ke SBN

Agatha Olivia Victoria
23 Mei 2019, 17:06
aksi massa 22 mei, dampak aksi massa 22 mei ke perekonomian, dana asing masuk ke surat berharga negara
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Gubernur BI Perry Warjiyo mencatat, dalam dua hari terakhir dana asing yang masuk Surat Berharga Negara (SBN) mencapai Rp 1,7 triliun, walaupun terjadi aksi massa 22 Mei 2019.

Aksi massa 22 Mei ternyata tak menahan investor asing menanamkan dananya di instrumen surat utang negara. Bank Indonesia mencatat, inflow yang masuk dalam dua hari terakhir sekitar Rp 1,7 triliun.

Gubernur BI Perry Warjiyo melihat hal ini sebagai tanda positif, mengingat pada 13-17 Mei lalu terjadi penarikan dana asing di Surat Berharga Negara (SBN) sekitar Rp 7,3 triliun. “Inflow ini menunjukkan confident pasar dan asing,” katanya pada konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan di Jakarta, Kamis (23/5).

Advertisement

Menurut dia, pelaku pasar mulai memiliki ekspektasi yang baik terhadap perekonomian domestik. Selain itu, imbal hasil dari surat utang negara juga menarik.

Imbal hasil atau yield SBN 10 tahun pagi ini sudah di bawah 8%, yaitu 7,95%. Jika dilihat sejak awal tahun, dana asing yang masuk sudah mencapai Rp 57 triliun.

(Baca: BI Pantau Harga Komoditas Pangan Terkendali Jelang Lebaran)

Faktor ekonomi global, Perry mengatakan, sangat dominan memengaruhi pasar saat ini. Saat eskalasi perang dagang antara AS-Tiongkok naik, investor pekan lalu langsung menarik dananya. Jika terjadi penarikan dana asing lagi, bank sentral akan melakukan intervensi di pasar valas maupun pembelian SBN di pasar sekunder.

Sepanjang tahun ini, BI sudah membeli SBN dari pasar sekunder sebesar Rp 19,47 triliun. Hal ini untuk menjaga stabilitas nilai rupiah. Jumlahnya di luar pembelian jangka pendek di pasar primer yang telah mencapai Rp 32,93 triliun. "BI akan bekerja sama dengan OJK agar kondisi likuiditas perbankan lebih dari cukup," kata dia menutup pernyataan persnya.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement