Tips Antisipasi Penurunan Omzet UKM Usai Lebaran
Ramadan kerap menjadi musim panen bagi pedagang. Adanya Tunjangan Hari Raya (THR) akan membuat belanja masyarakat meningkat. Aneka produk seperti busana, kue-kue, kosmetik, hingga peralatan elektronik pun menjadi rebutan.
Startup penyedia sistem manajemen keuangan perusahaan Moka menyatakan, perusahaan harus mengambil manfaat sebesar-besarnya pada saat penjualan meningkat pada pekan pertama Ramadan.
Data Analyst Moka Hutami Nadya menyatakan, pengusaha terutama pada skala kecil dan menengah (UKM) dapat memperpanjang periode promo Ramadan. Misalnya, dengan menawarkan produk baru, serta menjual stok lama dengan promo paketan.
Strategi ini dianggap menguntungkan untuk jangka panjang. “Program ini bisa memberikan program loyalitas sekaligus menawarkan penghargaan khusus kepada pelanggan,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu (22/5).
(Baca: Transaksi Shopee dan Lazada Naik 3 Kali Lipat pada Ramadan Tahun Ini)