Huawei Akan Rilis Sistem Operasi Sendiri di Kuartal IV Tahun Ini

Cindy Mutia Annur
24 Mei 2019, 14:45
huawei
ANTARA FOTO/REUTERS/WOLFGANG RATTAY
Huawei akan meluncurkan sistem operasi buatan sendiri

Huawei Technologies menyatakan akan merilis sistem operasi sendiri untuk smartphone dan laptop buatannya. Sistem operasi ini siap digunakan di Tiongkok pada musim gugur tahun ini atau kuartal keempat 2019. Untuk di luar Tiongkok, sistem operasi akan tersedia pada kuartal I atau II tahun 2020.

CEO Bisnis Konsumen Huawei Richard Yu mengatakan, perusahaannya masih berkomitmen untuk bekerja sama dengan Microsoft Windows dan Google Android. “Namun, jika kami tidak dapat menggunakannya, maka perusahaan kami akan menyiapkan rencana B untuk menggunakan sistem operasi kami sendiri, " ujar Richard seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (23/5).

Pasalnya, jika Huawei tidak diizinkan menggunakan Android, maka tidak ada layanan untuk mengunduh aplikasi, seperti Google Play Store. Sehingga, pengguna perlu menemukan cara lain untuk menginstal aplikasi yang mereka inginkan. 

Terlebih Google Play Store sering menjadi app store default oleh pengguna Huawei. Padahal Huawei sebenarnya memiliki layanan aplikasi yang dikenal sebagai App Gallery dan tersedia di sistem operasi. 

Richard pun mengatakan sistem operasi Huawei hanya akan diluncurkan jika perusahaanya diblokir secara permanen oleh perusahaan Google atau Microsoft. "Kami tidak ingin melakukan ini tetapi kami tidak memiliki solusi lain, tidak ada pilihan lain,” ujarnya.

(Baca: Huawei Kena Sanksi, Raksasa Produsen Chip AS Berpotensi Rugi Rp 286 T)

Adapun, Huawei dimasukkan ke dalam daftar hitam (blacklist) oleh pemerintah AS yang mengharuskan perusahaan-perusahaan AS untuk mendapatkan izin dari pemerintah setempat sebelum menjual teknologi atau perangkat apa pun kepada perusahaan tersebut. Artinya, Huawei tidak lagi dapat melisensikan sistem operasi Google Android di teknologinya dengan semua layanan perusahaan AS.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...