Permintaan Meningkat, Garuda Indonesia Tambah Dua Pesawat Khusus Kargo

Image title
24 Mei 2019, 19:49
garuda indonesia, pesawat kargo
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pesawat Garuda di Hangar GMF,  Tanggerang,  Banten (2/3). Saat ini Garuda Indonesia mengoperasi 24 pesawat berbadan lebar Aibus A330 sementara unit biaya rendahnya Citilink mengoperasikan 51 unit A320. 

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) berencana menambah dua pesawat kargo dalam waktu dekat, yaitu Airbus A330 yang berkapasitas angkut 60 ton dan Boeing 737-800 berkapasitas 23 ton. Kedua pesawat tersebut akan melayani rute regional karena kapasitasnya lebih besar dan untuk meningkatkan efisiensi dalam pengiriman barang.

Direktur Kargo dan Pengembangan Bisnis Garuda Mohammad Iqbal mengatakan penambahan dua pesawat kargo ini merupakan respon perusahaan atas meningkatnya permintaan pengiriman barang melalui angkutan udara. Selain itu, penambahan pesawat kargo ini juga merupakan upaya Garuda untuk meningkatkan pendapatan di bisnis non-penumpang.

Iqbal menilai, semakin menggeliatnya e-commerce membuat volume pengiriman barang semakin meningkat. Namun, selama ini jasa pengiriman barang tidak efisien karena pesawat yang membawa kargo dari daerah harus transit ke Bandara Soekarno-Hatta sebelum barang tersebut melanjutkan ke daerah tujuan.

"Dengan bertambahnya pesawat khusus kargo, hal ini akan meningkatkan efisiensi pengiriman barang karena langsung menuju tujuan tanpa harus transit di Jakarta,” kata Iqbal melalui siaran resmi yang diterima Katadata.co.id pada Jumat (24/5).

(Baca: Harga Tiket Turun, Garuda Pangkas Rute Domestik dan Internasional)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...