Gejolak Politik Mereda, Investasi Industri Diprediksi Naik Kuartal II

Image title
Oleh Ekarina
27 Mei 2019, 19:34
Aksi Massa 22 Mei 2019, Investasi sektor Industri
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Kementerian Perindustrian memprediksi pertumbuhan industri dan investasi akan kembali menggeliat pada kuartal kedua 2019, seiring berkurangnya sikap investor yang wait and see investor.

Sekertaris Jendral Kementerian Perindustrian Haris Munandar mengatakan, aksi massa 21-22 Mei 2019 tak memengaruhi aktivitas industri nasional. Dia pun memperkirakan, pertumbuhan industri dan investasi akan kembali menggeliat pada kuartal II 2019, seiring berkurangnya sikap investor yang wait and see investor. 

Haris mengatakan, pertumbuhan industri manufaktur salah satunya akan terkerek oleh kenaikan investasi dalam negeri yang diperkirakan akan kembali meningkat pada kuartal dua 2019. Keyakinan ini mengacu pada tren yang sudah terjadi sejak pemilu  1992.

“Kami percaya, gejolak politik segera mereda dan aktivitas industri akan kembali berjalan normal,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (27/5).

(Baca: Pilpres Usai, Semen Indonesia Harap Kinerja Penjualan Membaik)

Menurut Haris, iklim usaha seusai pemilihan presiden dan anggota legislatif akan relatif membaik setelah sebelumnya para investor memilih menunda investasi.

Sementara itu, menjelang Lebaran, sebagian masyarakat banyak membelanjakan uangnya untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman serta pakaian. Pemenuhan kebutuhan tersebut biasanya akan mendorong industri untuk meningkatkan produksi. 

“Pasca-pemilu, kami melihat iklim usaha semakin kondusif. Selain itu, konsumsi juga akan meningkat dengan adanya tunjangan hari raya (THR) serta gaji ke-13 bagi pegawai negeri sipil (PNS),” katanya.

Pemerintah, menurut dia, terus berupaya menciptakan kondisi ekonomi, politik, dan keamanan yang kondusif bagi para investor sehingga kinerja investasi di Indonesia yang sudah baik akan semakin meningkat. Sementara investasi yang sudah lebih dulu ada, dapat lebih berdaya saing.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...