Usai Pilpres, SBY Sarankan Jokowi dan Prabowo Lakukan Pertemuan

Dimas Jarot Bayu
27 Mei 2019, 21:30
SBY, ,Jokowi bertemu Prabowo, Pilpres 2019, Pemilu
ANTARA FOTO/Kiki
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) melakukan salam komando dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) seusai mengadakan pertemuan tertutup di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/7). Pertemuan kedua petinggi partai tersebut di antaranya menyikapi disahkannya UU Pemilu pada Sidang Paripurna DPR pekan lalu, dimana empat fraksi yakni Fraksi Partai Demokrat, Gerindra, PAN, dan PKS menolak penggunaan Presidential Treshold dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2019.

Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyarankan agar kedua calon presiden dalam Pilpres 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto, dapat bertemu secara langsung. Hal itu disampaikan SBY melalui rekaman video dari Singapura yang ditayangkan di kediamannya, Jakarta, Senin (27/5).

Menurut SBY, pertemuan itu penting untuk bisa mendinginkan suhu politik pasca-Pilpres 2019. Pasalnya, Jokowi dan Prabowo memiliki pendukung dan konstituen yang besar.

SBY pun meyakini jika kedua calon presiden itu sebenarnya memiliki cita-cita yang baik untuk negeri ini. Menurut dia, keduanya tentu tak ingin adanya perpecahan terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Lebih lanjut, SBY menilai tak perlu ada kesepakatan apapun dari hasil pertemuan tersebut. Lagipula, SBY meyakini jika Jokowi tak akan mengganggu proses gugatan hasil Pilpres 2019 yang dilakukan Prabowo saat ini.

(Baca: Pertemuan Jokowi-Prabowo, Luhut Bilang Bolanya di Kubu 02)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...