Dibuka Naik 0,05%, IHSG Berpeluang Lanjutkan Tren Positif

Happy Fajrian
28 Mei 2019, 11:11
Suasana Bursa Efek Indonesia.
Arief Kamaludin|KATADATA
Suasana Bursa Efek Indonesia.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini, Selasa (28/5) pagi naik 2,87 poin atau 0,05% ke posisi 6.101,84 pada pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI). Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 juga bergerak naik 0,74 poin atau 0,08% menjadi 959,91.

IHSG hari ini masih berpeluang melanjutkan tren positifnya yang didorong oleh sentimen dalam negeri berkat kondisi keamanan yang kondusif pasca aksi 21-22 Mei 2019 yang rusuh kemarin.

"Pasar saham Indonesia diperkirakan masih melihat sentimen yang terjadi di internal, terutama faktor keamanan yang kembali kondusif. Hal ini dapat menjadi katalis bagi IHSG untuk melaju ke zona hijau," papar Kepala Analis Valbury Sekuritas Indonesia, Alfiansyah, dalam risetnya hari ini.

Sementara itu bursa saham Amerika Serikat (AS) kemarin libur dalam rangka memperingati Memorial Day, untuk menghormati pahlawan AS yang gugur dalam membela negara. Namun, kekhawatiran perang dagang antara AS dan Tiongkok masih menjadi perhatian investor global.

(Baca: Ditopang Sentimen Internal, IHSG Naik 0,69%)

Dilansir dari Reuters, Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa saat ini AS belum siap untuk melakukan kesepakatan dagang dengan Tiongkok. Kendati demikian, Trump berharap kesepakatan tersebut dapat tercapai karena dia meyakini Tiongkok tidak akan sanggup membayar tarif baru dari AS.

"Saya percaya kami akan mencapai kesepakatan dagang yang sangat baik dengan Tiongkok suatu saat di masa depan. Karena saya tidak percaya mereka akan sanggup membayar ratusa miliar dolar tarif," kata Trump.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...