Jatim Park Incar Kunjungan Turis Asing Lewat Traveloka

Penulis: Michael Reily

Editor: Ratna Iskana

28/5/2019, 15.46 WIB

Kerja sama antara Jatim Park dan Traveloka ditandatangani hari ini.

Traveloka
Katadata
Jawa Timur Park Group menggandeng Traveloka untuk meningkatkan kunjungan turis asing ke Jatim Park

Jawa Timur Park Group berkolaborasi dengan Traveloka mengejar peningkatan kunjungan turis asing. Kedua pihak menandatangani kesepakatan untuk promosi dan pemasaran hingga ke mancanegara secara online dan penguatan pengalaman wisata di wahana Jatim Park.

Staf Ahli Holding Company Jatim Park Group Ronny Sendjojo berharap kerja sama dengan Traveloka mampu menarik wisatawan terutama turis asing. Sebab, jumlah kunjungan tahunan Jatim Park sudah mencapai 4 juta pengunjung, namun porsi turis asing hanya sebesar 5% dari total kunjungan. 

"Kami akan membuka pasar baru baik dari wisatawan asing, maupun dalam negeri, Traveloka sebagai jembatan untuk membuka tamu masuk," kata Ronny di Jakarta, Selasa (28/5).

Direktur PT Bunga Wangsa Sedjati Rio Imam Sendjojo sebagai perusahaan yang membawahi Jatim Park mengincar porsi turis asing mencapai 10% dalam satu tahun. Dia mengaku Jatim Park tak kalah daripada wahana internasional lain seperti Universal Studio. Jatim Park punya 12 tempat wisata berbasis pembelajaran di lahan sekitar 22 hektare yang terletak di Kota Wisata Batu.

Selain itu, Jatim Park juga memberikan promosi tiket yang lebih murah bagi wisatawan asing. "Kami jual harga karcis masuk Jatim Park 20% lebih murah untuk wisatawan asing, tinggal tunjukkan paspor," ujar Rio.

(Baca: Lima Destinasi Wisata Halal versi Traveloka untuk Libur Lebaran)

Chief Executive Officer (CEO) Traveloka Experience Christian Suwarna menyatakan komitmen untuk memasarkan dan mempromosikan Jatim Park di tujuh negara. Selain itu, Traveloka juga akan menggabungkan paket penerbangan dan hotel yang lebih murah dan kompetitif untuk berwisata ke Jatim Park.

"Kami mencoba membangkitkan Jatim Park di Batu sebagai destinasi populer di Indonesia," katanya.

Selain paket, Traveloka menyiapkan empat strategi lain untuk pengembangan Jatim Park. Pertama, inisiatif pemasaran untuk memberikan pengalaman tak terbatas bagi pengunjung.

Kedua, inovasi pengalaman konsumen untuk memberikan kemudahan pengunjung seperti konfirmasi instan, tiket lebih cepat terbit, serta kemudahan akses tanpa antre. Apalagi, Traveloka juga memiliki fitur PayLater untuk pembayaran cicilan kepada pengguna.

Ketiga, inovasi produk untuk fasilitas pemesanan secara online serta aktivitas lain yang ada di Jatim Park seperti penyewaan pakaian tradisional dan pengabadian momen oleh fotografer profesional. Terakhir, kegiatan spesial yang bakal mulai berjalan akhir tahun 2019.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani menyatakan dukungannya terhadap pengembangan Jatim Park. "Malang adalah salah satu destinasi wisata yang kami promosikan, kunjungan bisa lewat Surabaya, Jakarta, Bali, bahkan dari Yogyakarta," ujar Rizki.

(Baca: Pendapatan Traveloka dari Jual Tiket Pesawat ke Luar Negeri Naik 70%)

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha