Gelar Promo Hari Kuliner, Transaksi Mitra Go-Food Rerata Naik 21%

Penulis: Desy Setyowati

30/5/2019, 06.00 WIB

Gojek mencatat nilai transaksi mitra Go-Food naik 42% selama Harkulnas.

Transaksi mitra Go-Food Harkulnas
Go-Jek
Volume transaksi mitra Go-Food rerata naik 21% selama

Perusahaan penyedia layanan on-demand, Gojek melalui unit bisnisnya di bidang pesan-antar makanan, Go-Food menggelar Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) selama 15 April hingga 5 Mei lalu. Gojek mencatat, volume transaksi mitra Go-Food rerata naik 21% selama program promo Harkulnas.

Secara keseluruhan, Gojek mencatat nilai transaksi mitra Go-Food naik 42% selama Harkulnas. “Kenaikan ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus mendukung dan mensejahterakan mitra Usaha Mikro, Keil, dan Menengah (UMKM) dan pengemudi yang tergabung dalam ekosistem kami,” kata Vice President Marketing Go-Food Aristo Kristandyo dalam siaran pers, Rabu (29/5).

Gojek mencatat nilai transaksi mitra Go-Food Festival naik 34% selama Harkulnas. Lebih spesifik lagi, transaksi atas pelanggan yang membeli lewat aplikasi Gojek di mitra Go-Food Festival naik 123%. Go-Food Festival adalah lokasi yang disediakan Gojek untuk mitra terpilihnya berjualan, sehingga masyarakat bisa membeli langsung tanpa melalui aplikasi.

(Baca: Peneliti UI: Go-Food Sumbang Rp 1,7 Triliun ke Ekonomi Nasional)

Penghasilan mitra pengemudi dari pesanan Go-Food juga tercatat naik 8,5% selama Harkulnas. Program  tahunan ini sudah dua kali diselenggarakan Gojek. “Lewat berbagai macam program dan penawaran menarik seperti Harkulnas, kami harap platform yang kami sediakan memberikan dampak sosial dan ekonomi yang positif,” katanya.

Secara keseluruhan, Go-Food telah menggandeng lebih dari 400 ribu mitra di Asia Tenggara. Sebanyak 300 ribu mitra di antaranya berada di Indonesia dan mayoritas merupakan UMKM. berdasarkan hasil riset Lembaga Demografi FEB UI (LD FEB UI) pada awal tahun ini, Go-Food berkontribusi Rp 18 triliun terhadap perekonomian Indonesia.

(Baca: Gojek Catat Pesanan Go-Food Melonjak 86% Selama Ramadan)

Pada momen Harkulnas ini, Go-Food memberikan hadiah lima gram emas kepada 72 pelanggan, mitra pengemudi dan penjual. Ada enam mitra penjual yang mendapat hadiah, yakni Ayam Bakar Kacalada (Bandung), Ayam Geprek Sukoharjo (Surakarta), Keju Kesu (Medan), Sop Ubi Mak Djum (Makassar), Bakmie Hauce (Bali), dan Bogana May-May (Jabodetabek).

Pemilik merek Keju Kesu Adhitya Wicaksana mengaku sangat terbantu dengan adanya program Harkulnas. “Selain meningkatkan transaksi di outlet kami, program seperti ini membuat masyarakat semakin mengenal merek kuliner kami. Selama Harkulnas 2019, penjualan naik dua kali lipat,” kata dia.

Total transaksi (gross transaction value/GTV) tercatat lebih dari US$ 9 miliar, dengan volumenya mencapai dua miliar pada 2018. Per Desember 2018, aplikasi Gojek telah diunduh lebih dari 130 juta pengguna. Gojek juga menggaet lebih dari dua juta mitra pengemudi dan 60 ribu penyedia layanan di Asia Tenggara.

(Baca: Riset UI: Omzet 55% Mitra Go-Food Naik Setelah Bergabung)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha