Perkuat Hubungan Bilateral, Indonesia-AS Akan Perluas Latihan Militer

Muchamad Nafi
31 Mei 2019, 11:50
Perkuat Hubungan Bilateral, Indonesia-AS Akan Perluas Latihan Militer
ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memberikan pengarahan kepada peserta wisuda Pascasarjana di Gedung Aula Universitas Pertahanan, IPSC Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (5/11/2018). Universitas Pertahanan (Unhan) mewisuda 62 orang lulusan Pascasarjana, dan lulusan Unhan tersebut dipersiapkan menjadi agen atau kader bela negara.

Pertemuan bilateral Pelaksana tugas Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Patrick Shanahan dan Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu menekankan kemitraan yang kuat antara kedua negara, termasuk dalam perluasan latihan militer. Shanahan melakukan kunjungan kehormatan ke Jakarta, Kamis (30/5), dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-AS.

Hal ini menegaskan kembali kesepakatan yang tertuang dalam Pengaturan Kerangka Kerja Tentang Kegiatan Kerja Sama di bidang Pertahanan pada 2010, dan Pernyataan Bersama Tentang Kerjasama Pertahanan Komprehensif pada 2015. Pernyataan hari ini, Jumat (31/5),  juga menegaskan keinginan kedua negara untuk memperkukuh kemitraan pertahanan dalam menghadapi tantangan regional dan global.

Advertisement

Dalam pertemuan tersebut, Ryamizard dan Shanahan menegaskan kembali komitmen mereka dalam memperkuat program-program pelatihan bilateral untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan interoperabilitas. Kedua kementerian mendukung perluasan pelatihan Angkatan Darat tahun depan. Langkah ini melalui normalisasi hubungan pasukan khusus Angkatan Darat melalui Pelatihan Terpadu Bersama dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Kedua pemerintah juga menekankan pentingnya memperkuat kerja sama untuk memerangi ancaman transnasional lintas laut, darat, udara, dan dunia maya. Ryamizard dan Shanahan mengakui pentingnya normalisasi pelatihan Pasukan Khusus Amerika dengan Kopassus untuk membangun kepercayaan dan memperluas interoperabilitas kontraterorisme.

(Baca: DPR Tak Awasi Pengadaan Impor Senjata untuk BNN)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement