AHY Kisahkan Upaya Ani Yudhoyono Mengobati Sakit Kanker Selama 4 Bulan

Image title
2 Juni 2019, 19:11
Ibu Ani Yudhoyono dirawat di Rumah Sakit Universitas Nasional Singapura, ditemani cucu, kedua anaknya, dan menantunya.
Ibu Ani Yudhoyono dirawat di Rumah Sakit Universitas Nasional Singapura, ditemani cucu, kedua anaknya, dan menantunya.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengisahkan keikhlasan ibunya, Ani Yudhoyono saat divonis terkena kanker darah pada empat bulan yang lalu. AHY menyampaikan hal tersebut saat pemakaman ibunya di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6) sore.

"Empat bulan lalu, saat divonis mengidap penyakit kanker darah oleh dokter, beliau meneteskan air mata, beliau pasrah akan kondisinya tersebut tapi tidak pernah menyerah untuk sembuh," kata AHY.

Advertisement

Ada pun, sebelum Ani Yudhoyono meninggal dunia pada Sabtu (1/6), keluarga besar Susilo Bambang Yudhoyono sempat optimistis akan kesembuhan Ani. Pasalnya, dua minggu sebelum Ani meninggal dunia, kondisinya sempat membaik. "Tapi, Tuhan berkehendak lain," kata AHY.

(Baca: Budi Waseso: Meninggalnya Ani Yudhoyono Kehilangan Besar Bagi Bangsa)

Selama menjalani perawatan di National University Hospital (NUH) Singapura, AHY menceritakan ibunya tersebut tetap rajin menuliskan setiap perawatan yang dia jalani dalam catatannya. "Semua dilakukan Beliau dengan ikhlas dan tanpa keluh kesah," katanya.

AHY mengisahkan, ibunya tersebut merasa tidak boleh mengeluh karena Ani merasa sudah banyak diberikan banyak berkah dan kemuliaan, sehingga saat sedang diberi ujian oleh Tuhan, dirinya tidak boleh mengeluh. "Harus berjuang melawan penyakit ini," kata AHY saat menceritakan kembali perkataan ibunya tersebut.

Ani Yudhonoyo dimakamkan dengan menggunakan upacara militer, di mana bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Presiden RI Joko Widodo. Ani dimakamkan sekitar pukul 15.00 WIB, di mana setelah itu, keluarga besarnya menaburkan bunga di atas makan Ani. Terlihat SBY beserta anak-anak dan cucu-cucunya ikut menaburkan bunga.

Dalam acara pemakaman Ibu Negara ke-6 RI tersebut, beberapa tokoh datang untuk mengantarkan kepergian Ani Yudhoyono. Terlihat Presiden RI Ketiga dan Keempat, BJ Habibie dan Megawati Soekarnoputri turut menghadiri pemakaman tersebut, termasuk Tri Sutrisno dan Boediono pun turut hadir.

(Baca: Para Tokoh Hadiri Dua Upacara Sebelum Pemakaman Ani Yudhoyono)

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement