Prabowo Mungkin Baru Dapat Takziah ke Cikeas Hari ini atau Besok

Penulis: Happy Fajrian

2/6/2019, 10.31 WIB

Prabowo dikatakan masih dalam perjalanan pulang ke Indonesia. Sedangkan Sandiaga saat ini berada di Amerika Serikat dan berencana untuk berlebaran disana.

Prabowo dan Sandiaga Uno deklarasi kemenangan versi perhitungan kelompok sendiri.
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Prabowo dan Sandiaga Uno deklarasi kemenangan versi perhitungan kelompok sendiri.

Calon Presiden RI Prabowo Subianto dikabarkan akan melakukan takziah atau melayat mendiang Ibu Negara 2004-2014 Ani Yudhoyono ke rumah duka sekaligus kediaman Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, sepulangnya dari kunjungan ke Austria.

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, mengatakan, belum dapat dipastikan apakah Prabowo akan datang Minggu ini atau besok sebab telepon selular Prabowo masih belum aktif lantaran masih dalam perjalanan.

"Kedatangan saya mewakili BPN Prabowo-Sandiaga dan juga nanti kalau Pak Prabowo sudah landing siang ini atau besok, InsyaAllah beliau akan takziah ke Cikeas," kata Andre saat melayat ke Cikeas, Minggu (2/6).

Sementara itu Sandiaga Uno, Andre mengungkapkan, saat ini masih berada di Amerika Serikat dan dijadwalkan berlebaran di sana.

(Baca: )Berbela Sungkawa, Anies Sebut Ibu Ani Seorang Wanita yang Tangguh

"Yang jelas, seluruh keluarga besar Partai Gerindra dan BPN Prabowo-Sandiaga mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya Ani Yudhoyono," ujarnya.

Andre mengatakan Ani Yudhoyono adalah tokoh bangsa yang memberikan banyak contoh yang baik antara lain bagaimana mendampingi SBY 10 tahun, bagaimana seorang ibu mendidik anaknya, dan berperan penting dalam pembangunan bangsa.

"Beliau Ibu Negara yang memberi keteladanan pada bangsa ini sudah meninggalkan kita semua. Tentu rakyat Indonesia merasa kehilangan atas kepergian beliau. Harapan kita tentu cita-cita dan 'legacy' yang ditinggalkan beliau bisa kita lanjutkan bersama," jelas dia.

Sejumlah Tokoh Hadir di Rumah Duka Cikeas

Sementara itu sejumlah tokoh terpantau hadir di rumah duka Cikeas, di antaranya Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Nasaruddin Umar, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, musisi/politikus Dwiki Dharmawan, serta politisi Yusril Ihza Mahendra.

(Baca: Jokowi Ajak Seluruh Masyarakat Mendoakan Almarhumah Ani Yudhoyono)

Kemudian calon wakil presiden nomor urut 01 KH. Maruf Amin, dan mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat sekaligus mantan politikus Partai Demokrat M. Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) juga menyambangi Cikeas untuk menyampaikan rasa bela sungkawa pada Minggu pagi.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengenang sosok Ani Yudhoyono sebagai pekerja keras dan seorang srikandi yang menjadi teladan bagi semua orang. Dia mengatakan Ani Yudhoyono adalah sosok yang mencintai lingkungan dan menekankan persatuan.

"Ibu Ani seorang pejuang, pekerja keras, ikhlas, srikandi yang menjadi teladan dan bisa menjadi inspirasi bagi kita semua," kata Zulkifli yang terakhir kali berkomunikasi dengan Ani Yudhoyono saat menjenguk ke Singapura.

Sementara itu cawapres 01 Ma'ruf Amin mengatakan bahwa sosok Ani Yudhoyono adalah sosok perempuan yang ramah dan komunikatif, serta aktif dalam berkegiatan di masyarakat. "Semoga beliau (SBY) dan keluarga ikhlas dan sabar menerima musibah dan ini adalah sudah kehendak Allah," ucap Maruf saat baru tiba di kediaman SBY.

(Baca: Almarhumah Ani Yudhoyono Akan Dimakamkan di TMP Kalibata)

Mantan politisi Partai Demokrat, TGB mengenang Ani Yudhoyono sebagai sebagai seseorang yang sangat mencintai suaminya. TGB mengatakan sangat terlihat bahwa Ani Yudhoyono secara lahir bathn mencintai SBY dan selalu ingin memastikan SBY berhasil dalam menjalankan setiap tugasnya.

"Beliau permata yang kasat mata. Beliau adalah orang yang sangat mencintai pak SBY. Tidak hanya doa dari jauh, tapi dengan kebersamaan yang hampir tidak pernah pisah di dalam kunjungan kerja ke NTB misalnya, atau dalam pertemuan di Cikeas dalam beberapa kesempatan beliau selalu hadir dan kehadiran itu juga menghadirkan aura ketenangan," kata TGB.

TGB mengatakan ingin ikut melakukan sholat jenazah dan mendoakan Ani Yudhoyono. Dia juga ingin mengantarkan jenazah Ani hingga ke pemakaman.

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha