Prabowo Hadir di Cikeas untuk Berikan Dukungan Moril Kepada SBY

Penulis: Fahmi Ramadhan

Editor: Agung Jatmiko

3/6/2019, 17.58 WIB

Kehadiran Prabowo di Cikeas adalah semata-mata dalam kpasitas pribadi untuk menyampaikan bela sungkawa dan memberikan dukungan moril kepada SBY.

Prabowo SUbianto, Susilo Bambang Yudhoyono, SBY, Ani Yudhoyono
ANTARA FOTO/Kiki
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) melakukan salam komando dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) seusai mengadakan pertemuan tertutup di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/7).

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto baru saja Takziah di Cikeas, Senin (3/6). Prabowo tiba di Cikeas pukul 16.10 WIB dan disambut oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ditemani besannya, Hatta Rajasa dan Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan.

Dengan mengenakan batik berwarna coklat beserta celana bahan hitam, SBY menerima kedatangan Prabowo yang mengenakan kemeja berwarna putih bercelana hitam, dengan hangat disertai pelukan penuh haru.

Prabowo memang sudah diagendakan akan datang hari ini, karena ia tidak sempat hadir pada prosesi pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata kemarin, Minggu (2/6) karena dirinya kala itu sedang berada diluar negeri untuk keperluan pribadi.

Kepada awak media, Prabowo menyebut bahwa kedatangannya semata-mata dalam kapasitas pribadi, demi menyampaikan bela sungkawa kepada SBY. Ia pun mengatakan bahwa dirinya memang merasa dekat dengan keluarga SBY, termasuk dengan Ani Yudhoyono.

Dalam pembicaraan antara dirinya dan SBY, Prabowo menyampaikan permohonan maaf karena baru bisa hadir saat ini, dikarenakan posisinya yang berada di Eropa.

"Saya menyampaikan permohonan maaf, karena saat almarhumah meninggal dunia saya masih berada di Eropa dalam rangka check up kesehatan," ujar Prabowo, di Cikeas, Senin (3/6).

(Baca: Andi Arief: Pertemuan SBY-Mega Timbulkan Secercah Sinar untuk Bangsa)

Ia pun menyampaikan permohonan maaf tak sempat membesuk Ani Yudhoyono saat masih dirawat di National University Hospital (NUH), Singapura.

Prabowo mengatakan, sebelumnya ia sempat ingin menjenguk, namun karena mendengar kondisi Ani Yudhoyono semakin membaik, membuatnya menunda membesuk dan bertolak ke Austria untuk pemeriksaan kesehatan.

Kepada awak media, Prabowo mengutarakan bela sungkawa dan mengatakan bahwa Ani Yudhoyono merupakan seorang tokoh yang sudah ia kenal sejak dirinya masih remaja.

Ia pun datang untuk memberi penguatan dan dukungan moril kepada SBY yang baru saja kehilangan seorang sosok yang sangat penting. "Beliau saya kira istri yang sangat mendukung suaminya, cerdas, loyal. Saya kira demikian dan bisa merasakan apa yang dirasakan oleh pak SBY," ungkap Prabowo.

Untuk kegiatannya setelah ini, Prabowo enggan membeberkan lebih lanjut. Ia hanya mengatakan saat ini kehadirannya hanya untuk memberikan dukungan moril kepada SBY.

Terkait dengan kemungkinan dalam waktu dekat apakah akan bertemu dengan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi), Prabowo tidak mau berkomentar lebih lanjut. "Ya, kita lihat saja nanti," ujarnya.

(Baca: Sosok dan Jasa Ani Yudhoyono di Mata Presiden Jokowi)

Reporter: Fahmi Ramadhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan