Sambut Lebaran, PLN Beri Diskon 20,19% untuk Industri

Penulis: Fariha Sulmaihati

Editor: Pingit Aria

4/6/2019, 08.00 WIB

Diskon berlaku untuk beban puncak yaitu pada 1 Juni 2019 hingga 9 Juni 2019.

PLN
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) meluncurkan program diskon tarif listrik sebesar 20,19% untuk kalangan industri selama masa libur lebaran 2019. Diskon ini berlaku bagi golongan industri (I3 dan I4) serta bisnis (B3) yang menggunakan tambahan pemakian listrik di atas kilowatt hours (kWh) baseline.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan, bagi pelanggan dengan layanan khusus yaitu pelanggan premium akan dapat tambahan diskon sebesar 5%. Ada pun, diskon berlaku untuk beban puncak yaitu pada 1 Juni 2019 pukul 00.00 WIB hingga 9 Juni 2019 pukul 23.59 WIB.

Adapun kWh baseline dipengaruhi oleh rata-rata pemakaian listrik di triwulan I 2019, triwulan I 2018, dan pemakaian bulan Juni 2018. "Diskon ini berlaku untuk pelanggan Bisnis dan Industri yang berada di Pulau Jawa. Silahkan dimanfaatkan diskon tarif ini," ujar Ikhsan, dalam keterangan pers, Senin (3/6).

(Baca: Lebaran Akan Dongkrak Pertumbuhan Konsumsi Masyarakat hingga 5,6 %)

Ikhsan mengatakan, untuk wilayah Jakarta terdapat 3.230 pelanggan industri dan bisnis yang diprioritaskan untuk diskon ini. Di antaranya stasiun, mal, apartemen, tower perkantoran, Indofood, Pertamina, PD Pasar Jaya, PT Sucaco, PT Astra International, SCTV, PT Trans Cibubur Property, dan masih industri dan bisnis lainnya.

Untuk mendapatkan diskon tarif ini, pelanggan bisa menghubungi kantor PLN terdekat untuk mendaftar dan mendapatkan diskon tarif. "Diskon ini sangat bagus untuk industri dan bisnis yang ingin meningkatkan jumlah produksi dan tetap beroperasi selama libur lebaran," kata dia.

Pada 30 April lalu, PLN juga diskon memberikan sebesar 75% bagi pelanggan dengan golongan 220 VA-197 kVA, yang ingin menambah daya listrik, dengan syarat memiliki motor listrik atau kompor induksi. Potongan tarif ini berlaku hingga 31 Desember 2019.

(Baca: Pertamina Alirkan 417.000 Liter BBM di Titik Layanan Tambahan)

Kemudian, diskon sebesar 100% bagi pelanggan rumah tangga golongan 220 VA-197 kVA yang ingin menambahkan daya listrik, dengan syarat memiliki mobil listrik. Potongan harga ini berlaku hingga 31 Desember 2019.

Yuddy menjelaskan, tidak ada syarat besaran penambahan daya listrik untuk bisa menikmati diskon ini. Namun, ada batasan biaya yang dikenakan diskon yaitu maksimal hanya sebesar Rp 10 juta.

"Misalnya harus bayar Rp 24 juta, kalau diskon 50% berarti jadi 12 juta. Karena maksimum 10 juta maka pelanggan hanya bayar Rp 14 juta," kata dia kepada katadata.co.id, Kamis (7/3) lalu.

Reporter: Fariha Sulmaihati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan