Mengebor Sumur Blok Andaman Tahun Depan, Repsol Mulai Pengadaan Alat

Image title
7 Juni 2019, 15:32
Repsol Blok Andaman, eksplorasi rencong 1x
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi Blok Migas Lepas Pantai

Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) menyampaikan, perusahaan Minyak dan Gas Bumi (Migas) asal Spanyol, Repsol, sedang memproses pengadaan Long Lead Item dan kapal untuk pengeboran sumur Rencong 1X di Blok Andaman III. Rencananya, pengeboran bakal dilakukan pada 2020.  

Rencana pengadaan tersebut turut dibahas dalam pertemuan antara Repsol dengan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada akhir Mei lalu. Pertemuan tersebut juga membahas tentang progres eksplorasi di blok tersebut, termasuk pemrosesan data seismik 3D.

Kepala Divisi Formalitas dan Hubungan Eksternal BPMA Radhi Darmansyah menjelaskan Long Lead Item adalah barang-barang dengan spesifikasi khusus yang disesuaikan dengan karakteristik sumur. "Sehingga memerlukan waktu untuk melakukan pemesanan dan manufacturing," ujar dia kepada katadata.co.id (7/6).

(Baca: Bahas Percepatan Blok Sakakemang, Arcandra Temui CEO Repsol di Spanyol)

Ia mengatakan, sesuai hasil evaluasi, Repsol akan menggeser rencana pengeboran sumur eksplorasi pertama Rencong 1X menjadi pada semester I 2020. Sebelumnya, pelaksana tugas (Plt) Kepala BPMA Azhari Idris mengatakan pengeboran direncanakan pada kuartal empat tahun ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...