Ombudsman Sebut Infrastruktur Dukung Kelancaran Mudik Lebaran 2019

Dimas Jarot Bayu
7 Juni 2019, 14:26
Arus Mudik Lebaran 2019
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Ombudsman sebut infrastruktur memperlancar arus mudik lebaran 2019.

Ombudsman RI menilai penyelenggaraan mudik lebaran 2019 lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Salah satu pendukung kelancaran mudik tahun ini adalah infrastruktur yang sudah terbangun.

Komisioner Ombudsman Adrianus Meliala menyampaikan, infrastruktur seperti Tol Trans Jawa terbukti sukses memperlancar arus mudik lebaran tahun ini. “Pemerintah ada niat (menyukseskan penyelenggaran mudik lebaran) dan ternyata tidak hanya bicara. Ada realisasinya, yaitu pembangunan infrastruktur di mana-mana," ujar dia di Jakarta, Jumat (7/6).

Tol Trans Jawa dibangun sepanjang 589,5 kilometer (km), yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya. Tol Trans Jawa ini menjadi alternatif bagi pemudik di Pulau Jawa, selain jalur Pantai Utara (Pantura).

(Baca: Mudik Lebaran, Kemenhub Sebut Angka Kecelakaan Turun 51%)

Meski begitu, Adrianus mencatat volume kendaraan selama arus mudik lebaran 2019 cukup banyak sehingga terjadi kemacetan di beberapa titik. "Semua (kendaraan) bergerak pada waktu yang sama. Saya kira infrastruktur apa pun tidak bisa menanggulanginya," kata dia.

Kepolisian RI mencatat, ada 1,5 juta pergerakan arus kendaraan pada penyelenggaran mudik lebaran pada 2019. Angka tersebut naik 15 hingga 20% dari pergerakan arus kendaraaan selama mudik lebaran tahun lalu. 

Oleh karena itu, Ombudsman merekomendasikan agar pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak mudik pada waktu bersamaan ke depan. Hal itu bertujuan untuk mengurai kemacetan lalu lintas selama mudik lebaran. “Mengatur waktu mudik agar jangan semua datang atau pulang pada waktu yang sama," kata dia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...